Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.25243Keywords:
kesulitan belajar matematika, fungsi komposisi, fungsi inversAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh dalam menyelesaikan soal komposisi fungsi dan fungsi invers. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Rajagaluh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa tes uraian sebanyak 2 soal untuk memastikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan fungsi komposisi dan fungsi invers, kesulitan yang dialami siswa dibagi menjadi 3 jenis kesulitan yaitu kesulitan pada konsep, kesulitan keterampilan, dan kesulitan pada pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan fungsi invers yaitu dari 3 jenis kesulitan yang dialami oleh siswa, kesulitan yang paling banyak dialami siswa adalah kesulitan terhadap pemahaman konsep sebesar 86,7%, diikuti dengan kesulitan pada keterampilan sebesar 73,3% dan kesulitan pada pemecahan masalah sebesar 60%.
References
Ekawati, R., Junaedi, I., & Nugroho, S. E. (2013). Studi respon siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(2), 17-26.
Imas. (2003). Pembelajaran matematika 1. Universitas Terbuka.
Konnova, L., Lipagina, L., Postovalova, G., Rylov, A., & Stepanyan, I. (2019). Designing adaptive online mathematics course based on individualization learning. Education Sciences, 9(3), 182-189.
Kouneiher, J., & da Costa, N. (2020). The mathematical descriptions of truth and change. Foundations of Science, 25(3), 647-670.
Sari, N., & Surya, E. (2017). Analysis effectiveness of using problem posing model in mathematical learning. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(3), 13-21.
Sergis, S., Sampson, D. G., & Pelliccione, L. (2018). Investigating the impact of flipped classroom on students' learning experiences: A self-determination theory approach. Computers in Human Behavior, 78(1), 368-378.
Tambunan, H. (2019). The effectiveness of the problem solving strategy and the scientific approach to students' mathematical capabilities in high order thinking skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293-302.
Ward, J. K., Comer, U., & Stone, S. (2018). On qualifying qualitative research: Emerging perspectives and the "Deer" (descriptive, exploratory, evolutionary, repeat) paradigm. Interchange, 49(1), 133-146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.