Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh

Authors

  • Pinkan Pramesti Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Djati
  • Ferry Ferdianto Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.25243

Keywords:

kesulitan belajar matematika, fungsi komposisi, fungsi invers

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh dalam menyelesaikan soal komposisi fungsi dan fungsi invers. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Rajagaluh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa tes uraian sebanyak 2 soal untuk memastikan kesulitan yang dialami siswa dalam  menyelesaikan  soal matematika pokok bahasan fungsi komposisi dan fungsi invers, kesulitan yang dialami siswa dibagi menjadi 3 jenis kesulitan yaitu kesulitan pada konsep, kesulitan keterampilan, dan kesulitan pada pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan fungsi invers yaitu dari 3 jenis kesulitan yang dialami oleh siswa, kesulitan yang paling banyak dialami siswa adalah kesulitan terhadap pemahaman konsep sebesar 86,7%, diikuti dengan kesulitan pada keterampilan sebesar 73,3% dan kesulitan pada pemecahan masalah sebesar 60%.

References

Ekawati, R., Junaedi, I., & Nugroho, S. E. (2013). Studi respon siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(2), 17-26.

Imas. (2003). Pembelajaran matematika 1. Universitas Terbuka.

Konnova, L., Lipagina, L., Postovalova, G., Rylov, A., & Stepanyan, I. (2019). Designing adaptive online mathematics course based on individualization learning. Education Sciences, 9(3), 182-189.

Kouneiher, J., & da Costa, N. (2020). The mathematical descriptions of truth and change. Foundations of Science, 25(3), 647-670.

Sari, N., & Surya, E. (2017). Analysis effectiveness of using problem posing model in mathematical learning. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(3), 13-21.

Sergis, S., Sampson, D. G., & Pelliccione, L. (2018). Investigating the impact of flipped classroom on students' learning experiences: A self-determination theory approach. Computers in Human Behavior, 78(1), 368-378.

Tambunan, H. (2019). The effectiveness of the problem solving strategy and the scientific approach to students' mathematical capabilities in high order thinking skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293-302.

Ward, J. K., Comer, U., & Stone, S. (2018). On qualifying qualitative research: Emerging perspectives and the "Deer" (descriptive, exploratory, evolutionary, repeat) paradigm. Interchange, 49(1), 133-146.

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Pramesti, P., & Ferdianto, F. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(2), 74–79. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.25243