Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh

Pinkan Pramesti, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Djati, Indonesia
Ferry Ferdianto, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Djati, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh dalam menyelesaikan soal komposisi fungsi dan fungsi invers. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Rajagaluh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa tes uraian sebanyak 2 soal untuk memastikan kesulitan yang dialami siswa dalam  menyelesaikan  soal matematika pokok bahasan fungsi komposisi dan fungsi invers, kesulitan yang dialami siswa dibagi menjadi 3 jenis kesulitan yaitu kesulitan pada konsep, kesulitan keterampilan, dan kesulitan pada pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan fungsi invers yaitu dari 3 jenis kesulitan yang dialami oleh siswa, kesulitan yang paling banyak dialami siswa adalah kesulitan terhadap pemahaman konsep sebesar 86,7%, diikuti dengan kesulitan pada keterampilan sebesar 73,3% dan kesulitan pada pemecahan masalah sebesar 60%.


Keywords


kesulitan belajar matematika, fungsi komposisi, fungsi invers

Full Text:

PDF

References


Ekawati, R., Junaedi, I., & Nugroho, S. E. (2013). Studi respon siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(2), 17-26.

Imas. (2003). Pembelajaran matematika 1. Universitas Terbuka.

Konnova, L., Lipagina, L., Postovalova, G., Rylov, A., & Stepanyan, I. (2019). Designing adaptive online mathematics course based on individualization learning. Education Sciences, 9(3), 182-189.

Kouneiher, J., & da Costa, N. (2020). The mathematical descriptions of truth and change. Foundations of Science, 25(3), 647-670.

Sari, N., & Surya, E. (2017). Analysis effectiveness of using problem posing model in mathematical learning. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(3), 13-21.

Sergis, S., Sampson, D. G., & Pelliccione, L. (2018). Investigating the impact of flipped classroom on students' learning experiences: A self-determination theory approach. Computers in Human Behavior, 78(1), 368-378.

Tambunan, H. (2019). The effectiveness of the problem solving strategy and the scientific approach to students' mathematical capabilities in high order thinking skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293-302.

Ward, J. K., Comer, U., & Stone, S. (2018). On qualifying qualitative research: Emerging perspectives and the “Deer” (descriptive, exploratory, evolutionary, repeat) paradigm. Interchange, 49(1), 133-146.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.25243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo