Analisis Hubungan Kuesioner Cinta Tanah Air dengan Soal Karakteristik Zat pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di SMP N 17 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.25216Keywords:
pendidikan, cinta tanah air, karakteristik zatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap cinta tanah air terhadap pembelajaran IPA dengan materi karakteristik Zat yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik Dengan memilih kelas VII A dan VII C SMPN 17 Kota Jambi sebagai sampel dan kesimpulan bahwa Sikap rasa cinta tanah air tidak mempengaruhi kegiatan belajar peserta didik dimana sikap tersebut tidak dapat mendorong diri peserta didik untuk semangat dan aktif dalam kegiatan belajar, yang menyebabkan kelangsungan dari kegiatan belajar tidak berjalan dengan baik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan data yang digunakan yaitu kuantitatif. Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Pendidikan dan pengajaran adalah suatu proses yang sadar tujuan. Pelaksanaan pendidikan karakter cinta tanah air lebih menekankan kepada kecintaan terhadap budaya Indonesia mengajarkan untuk menjaga kelestarian Indonesia dengan menanam pohon dan membuang sampah pada tempatnya. Sedangkan disekolah dapat mengajarkan peserta didik untuk tertib dan disiplin serta bertanggung jawab. Para peserta didik SMPN 17 Kota Jambi memiliki sikap disiplin dan bertanggung jawab dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas.References
Anderson, T. S., & Lin, G. A. (2020). Testing cascades"”a call to move from descriptive research to deimplementation science. JAMA Internal Medicine, 180(7), 984-985.
Atika, S. (2014). Pelaksanaan pendidikan karakter (religius, cinta tanah air dan disiplin) di SLB Al Ishlaah Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 3(3), 17-28.
Bí¶ckenholt, U. (2017). Measuring response styles in Likert items. Psychological Methods, 22(1), 69-76.
Chang, H. P., Chen, J. Y., Guo, C. J., Chen, C. C., Chang, C. Y., Lin, S. H., & Tseng, Y. T. (2007). Investigating primary and secondary students' learning of physics concepts in Taiwan. International Journal of Science Education, 29(4), 465-482.
Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2017). Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Sainstek: Jurnal Sains dan Teknologi, 8(1), 77-84.
Denis, D. J. (2018). SPSS data analysis for univariate, bivariate, and multivariate statistics. John Wiley & Sons.
DeSimone, J. A., & Harms, P. D. (2018). Dirty data: The effects of screening respondents who provide low-quality data in survey research. Journal of Business and Psychology, 33(5), 559-577.
Griffard, P. B., & Wandersee, J. H. (2001). A qualitative look at a quantitative approach to alternative conceptions research: The two-tier instrument. In annual meeting of the National Association for Research in Science Teaching, St. Louis, MO.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Kusuma, T. A., & Harijanto, A. (2015). Model discovery learning disertai teknik probing prompting dalam pembelajaran fisika di MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(4), 12-17.
Linder, C. J. (1993). A challenge to conceptual change. Science Education, 6(1), 197-205.
Lotulung, C. F., Ibrahim, N., & Tumurang, H. (2018). Effectiveness of learning method contextual teaching learning (CTL) for increasing learning outcomes of entrepreneurship education. Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3), 37-46.
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang sitem pendidikan nasional.
Sari, S. D. (2017). Cinta tanah air dan Salafus Shalih. Universitas Ahmad Dahlan.
Treagust, D. F. (1988). Development and use of diagnostic tests to evaluate students' misconceptions in science. International Journal of Science Education, 10(2), 159-169.
Waluya, B. (2007). Sosiologi: Menyelami fenomena sosial di masyarakat. PT Grafindo Media Pratama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.