Hubungan Hasil Belajar Siswa terhadap Karakter Kemandirian di SMP Negeri 09 Muaro Jambi

Rahma Julia Hastirani, Universitas Jambi, Indonesia
Niza Prima Yeni, SMPN 2 Kuala Tungkal, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan antara hasil belajar terhadap karakter kemandirian belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif atau lebih tepatnya Deskriptif Asosiatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ialah lembar observasi berupa angket karakter kemandirian dan soal pilihan ganda yang berjumlah 30 soal terhadap mata pelajaran IPA yang sudah di validasi oleh validator ahli. Berdasarkan tabel dan data hasil tersebut dapat dilihat bahwa nilai signifikansi dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada variabel angket kemandirian belajar 0,200 > 0,05 dan pada variabel hasil belajar 0,200 > 0,05. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa data dari kedua variabel berdistribusi normal. Pada uji korelasi, hasil perhitungan menunjukkan nilai r hitung  0,035 < 0,05 pada kelas 8B dan pada kelas 8C nilai r hitung 0,040 < 0,05. Berdasarkan nilai koefisien korelasi dan nilai sig, dapat di sebutkan bahwa hipotesis yang diajukan yaiutu adanya hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas 8B dan 8C SMPN 09 Muaro Jambi dapat diterima dengan tingkat korelasi atau hubungannya rendah.

Keywords


kemandirian; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. (2007). Strategi pembelajaran. Universitas Terbuka.

Asih, D. A. S. (2017). Pengaruh penggunaan fasilitas belajar di lingkungan alam sekitar terhadap keterampilan proses sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 13-19.

BNSP. (2006). Standar isi: Standar kompetensi dan kompetensi dasar SMP/MTs. Departemen Pendidikan Nasional.

Brown, J. C. (2017). A metasynthesis of the complementarity of culturally responsive and inquiry‐based science education in K‐12 settings: Implications for advancing equitable science teaching and learning. Journal of Research in Science Teaching, 54(9), 1143-1173.

Ettekal, A. V., & Agans, J. P. (2020). Positive youth development through leisure: confronting the Covid-19 pandemic. Journal of Youth Development, 15(2), 1-20.

Giancoli, D. C. (2014). Fisika: Prinsip dan aplikasi edisi ke 7 jilid 1. Erlangga.

Guido, R. M. (2013). Attitude and motivation towards learning physics. International Journal of Engineering Research & Technology, 8(1), 2087-2094.

Hardianti, T., & Kuswanto, H. (2017). Difference among levels of inquiry: process skills improvement at senior high school in Indonesia. International Journal of Instruction, 10(2), 119-130.

Kaya, H., & Boyuk, U. (2011). Attitude towards physics lessons and physical experiments of the high school students. European Journal of Physics Education, 2(1), 23-31.

Lavrentieva, O., & Tsys, O. (2019). The theory and practice of managing students’ independent study activities via the modern information technologies. Technology transfer: Innovative Solutions in Social Sciences and Humanities,9(1), 41-44.

Ni'matuzahroh, S., & Prasetyaningrum, S. (2018). Observasi: Teori dan aplikasi dalam psikologi (Vol. 1). UMMPress.

Park, J. (2018). A neural basis for the visual sense of number and its development: A steady-state visual evoked potential study in children and adults. Developmental Cognitive Neuroscience, 30(1), 333-343.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2012). Psikologi pendidikan. Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Unnes.

Sari, I. D. P., & Rahmah, T. H. (2019). Virtual discussion for EFL students establishing three domains: Cognitive, affective, and psychomotor. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3), 249-253.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.25214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo