Penilaian Pembelajaran yang Menerapkan Lesson Study pada Fisika Zat Padat Lanjut

Edi Istiyono, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suparno Suparno, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ariswan Ariswan, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Heru Kuswanto, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
R. Yossi Aprian Sari, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang memiliki tujuan umum untuk menguji pengaruh lesson study dengan teknik guided teaching dengan hasil pembelajaran Fisika Zat Padat Lanjut. Tujuan khusus tulisan ini meli-puti: (1) menyusun instrumen penilaian pembelajaran Fisika Zat Padat Lanjut yang menerapkan lesson study; (2) mengukur prestasi belajar; dan (3) mengukur aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek penelitian adalah semua mahasiswa Program Studi Fisika Jurusan Pendidikan Fisika yang mengambil mata kuliah Fisika Zat Padat Lanjut. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas. Penskoran hasil tes dengan politomus dan aktivitas mahasis-wa dinyatakan dalam persentase. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian terdiri atas lembar observasi dan tes yang berupa: (a) uraian untuk materi: sifat dielektrik dan optik bahan pada siklus I, (b) berupa isian singkat untuk materi bahan magnetik pada siklus II, dan (c) berupa tes isian singkat-uraian pada materi ketidaksempurnaan kristal pada siklus III; (2) prestasi belajar mahasiswa meningkat dari siklus I, II, dan III; dan (3) aktivitas mahasiswa dalam diskusi kelas meningkat dari siklus I, II, dan III.

Kata kunci: penilaian, pembelajaran, lesson study, fisika zat padat lanjut


Keywords


penilaian; pembelajaran; lesson study; fisika zat padat lanjut

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo