Penilaian Pembelajaran yang Menerapkan Lesson Study pada Fisika Zat Padat Lanjut
Edi Istiyono,
Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Suparno Suparno,
Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Ariswan Ariswan,
Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Heru Kuswanto,
Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia R. Yossi Aprian Sari,
Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Telah dilakukan penelitian yang memiliki tujuan umum untuk menguji pengaruh lesson study dengan teknik guided teaching dengan hasil pembelajaran Fisika Zat Padat Lanjut. Tujuan khusus tulisan ini meli-puti: (1) menyusun instrumen penilaian pembelajaran Fisika Zat Padat Lanjut yang menerapkan lesson study; (2) mengukur prestasi belajar; dan (3) mengukur aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek penelitian adalah semua mahasiswa Program Studi Fisika Jurusan Pendidikan Fisika yang mengambil mata kuliah Fisika Zat Padat Lanjut. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas. Penskoran hasil tes dengan politomus dan aktivitas mahasis-wa dinyatakan dalam persentase. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian terdiri atas lembar observasi dan tes yang berupa: (a) uraian untuk materi: sifat dielektrik dan optik bahan pada siklus I, (b) berupa isian singkat untuk materi bahan magnetik pada siklus II, dan (c) berupa tes isian singkat-uraian pada materi ketidaksempurnaan kristal pada siklus III; (2) prestasi belajar mahasiswa meningkat dari siklus I, II, dan III; dan (3) aktivitas mahasiswa dalam diskusi kelas meningkat dari siklus I, II, dan III.
Kata kunci: penilaian, pembelajaran, lesson study, fisika zat padat lanjut
Keywords
penilaian; pembelajaran; lesson study; fisika zat padat lanjut