Studi Komparasi INSTAD Dipadu Peta Konsep dengan Pembelajaran Konvensional terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013
Rizti Iswandari,
Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS, Indonesia Riezky Maya Probosari,
Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS, Indonesia Bowo Sugiharto,
Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS, Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh INSTAD yang dipadu dengan peta konsep terhadap ketrampilan proses sains dan hasil belajar biologi kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun akademik 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain Posttest Only Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun akademik 2012/2013. Teknik sampling adalah kluster sampling dengan sampel siswa kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol. Data ketrampilan proses sains dan hasil belajar kognitif dikumpulkan dengan menggunakan tes. Sementara itu, data hasil belajar afektif dan psikomotor dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji T. Hasil penelitian diperoleh nilai T hitung ketrampilan proses sains sebesar 11,218 dengan nilai signifikan-si 0,000. Nilai T hitung hasil belajar kognitif 10,247 dengan signifikansi 0,000. Nilai T hitung hasil belajar afektif sebesar 4,178 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai T hitung hasil belajar psikomotor sebesar 3,362 dengan signifikansi 0,002. Nilai ketrampilan proses sains dan hasil belajar biologi kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berarti ada pengaruh INSTAD dipadu dengan peta konsep terhadap ketrampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Sukoharjo Tahun Akademik 2012/2013.
Kata kunci: INSTAD dipadu peta konsep, ketrampilan proses sains, hasil belajar biologi
Keywords
INSTAD dipadu peta konsep; ketrampilan proses sains; hasil belajar biologi