Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Metode Eksperimen Lapangan dan Eksperimen Laboratorium terhadap Prestasi Belajar Siswa Klas X SMA N 2 Yogyakarta

Singgih Murwani, SMA N 2 Yogyakarta, Indonesia
Yuni Wibowo, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan metode eksperimen terhadap prestasi belajar siswa. Jenis Penelitian adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 2 Yogyakarta. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X4 SMA Negeri 2 Yogyakarta yang diambil secara random. Kelas X1 diperlakukan dengan menggunakan metode eksperimen lapangan sedangkan kelas X4 menggunakan metode eksperimen laboratorium. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh antara Contex-tual Teaching and Learning dengan metode Eksperimen Lapangan dan Eksperimen Laboratorium terhadap Prestasi belajar siswa.

Kata kunci: pendekatan CTL, metode eksperimen lapangan, metode eksperimen laboratorium, prestasi belajar


Keywords


pendekatan CTL; metode eksperimen lapangan; metode eksperimen laboratorium; prestasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v1i2.2481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo