Desain Didaktis Pembelajaran Hukum Archimedes dan Viskositas Berdasarkan Hambatan Belajar Siswa SMA Kelas X

Arlina Arlina Fahrun Nisa, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Agus Danawan, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Agus Fany Chandra Wijaya, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Pada proses pembelajaran, diperlukan rencana pembelajaran yang memperhatikan respon siswa terhadap materi. Munculnya respon yang beragam ini dapat menjadi acuan bagi guru untuk mengetahui hambatan siswa (learning obstacle) dalam memahami konsep tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat satu desain didaktis berdasarkan hambatan epistemologi siswa pada materi hukum Archimedes dan viskositas, sehingga hambatan belajar yang muncul dapat diminimalisasi atau bahkan dapat dieliminasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Didactical Desaign Research (DDR) dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, siswa mengalami hambatan belajar dalam beberapa aspek pada materi Hukum Archimedes dan viskositas. Oleh karena itu, untuk mengatasi hambatan belajar yang dialami siswa, peneliti melakukan penelitian Didactical Design Research (DDR). Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan analisis, yaitu analisis situasi didaktis, analisis metapedadidaktik, serta analisis retrospeksi yang dilakukan terhadap siswa di salah satu SMA di kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa hambatan belajar yang dialami siswa pada materi hukum Archimedes dan viskositas mampu diminimalisasi, setelah desain didaktis diimplementasikan.


Keywords


desain didaktis, hambatan belajar, hukum Archimedes, viskositas

Full Text:

PDF

References


Aji, S. D., & Hudha, M. N. (2016). Kerja ilmiah siswa SMP dan SMA melalui authentic problem-based learning (APBL). Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 835-841.

Brousseau, G. (2002). Theory of didactical situations in mathematics (volume 19). Kluwer Academic Publisher.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Dedy, E., & Sumiaty, E. (2017). Desain didaktis bahan ajar matematika SMP berbasis learning obstacle dan learning trajectory. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(1), 69-80.

Disas, E. P. (2017). Analisis kebijakan pendidikan mengenai pengembangan dan peningkatan kualitas siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), 19-26.

Firdaus, A., & Mutaqin, A. (2019). Desain didaktis matematis problem solving pada konsep kesebangunan. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 13-24.

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical learning trajectory pada pembelajaran bilangan negatif berdasarkan teori situasi didaktis di sekolah menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13-24.

Haqq, A. A., & Toheri, T. (2019). Reduksi hambatan belajar melalui desain didaktis konsep transformasi geometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 117-127.

Nurlita, M. (2015). Pengembangan soal terbuka (open-ended problem) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 38-49.

Putra, R. W. Y., & Setiawati, N. (2018). Pengembangan desain didaktis bahan ajar persamaan garis lurus. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 7-16.

Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain didaktis penalaran matematis untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SMP pada luas dan volume limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135-146.

Suryadi, D. (2013). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, pp. 3-12).

Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis hambatan belajar (learning obstacle) siswa SMP pada materi statistika. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 76-86.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v8i2.23194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo