Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus
Hariani Juwita, Jurusan Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Pagaralam, Indonesia
Jemiyo Siswanto, Jurusan Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Pagaralam, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andri, A., Zagir, Z., & Dores, O. J. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 04 Bati Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 414-426.
Avianti, N. A. (2008). Matematika untuk kelas VIII. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 10-17.
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan metode brainstorming dengan bantuan media gambar grafis untuk meningkatkan hasil belajar Pkn siswa kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan pengajaran), 3(1), 18-25.
Mutia, M. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83-102.
Nahdi, D. S. (2019). Efektivitas pendekatan brainstorming teknik round-robin dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 11-22.
Sa’o, S. (2016). Berpikir intuitif sebagai solusi mengatasi rendahnya prestasi belajar matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 43-56.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 15-31.
Utami, D. (2015). Pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 232-241.
Yuniati, D. R. Z., Ardana, I. M., & Waluyo, D. (2014). Pengaruh model pembelajaran brainstorming terhadap partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 2(1), 17-24.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v8i2.20543
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: