Analisis Proses Berpikir Aljabar

Cahyaningtyas cahyaningtyas, Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang, Indonesia
Dian Novita, Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang, Indonesia
Toto Toto, Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan studi pendahuluan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar siswa kelas VII di MTs Surya Buana Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data diperoleh berdasarkan hasil tes yang dianaisis berdasarkan proses berpikir aljabar siswa. Hasil yang diperoleh yaitu indikator pertama, mengelompokkan informasi siswa sering mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi dari soal yang diberikan sehingga siswa kesulitan dalam memprediksi pola dan chunking informasi. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang terbiasa dengan jenis soal non rutin seperti yang diberikan tersebut. Selain itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam menjelaskan aturan untuk menentukan atau mencari pola selanjutnya. Hal tersebut terkait dengan kurangnya kemampuan siswa dalam merepresentasikan apa yang diketahui ke dalam model matematika (persamaan dan gambar), penggunaan simbol matematika dan operasi aljabar. Sehingga kesulitan tersebut mempengaruhi siswa dalam menggambarkan atau menjelaskan perubahan dan membenarkan aturan berdasarkan representasi yang lainnya.

Kata Kunci: berpikir, proses berpikir, berpikir aljabar

 

Analysis of Student Algebra Thinking Process

 

Abstract

This research is a preliminary study that aims to describe the algebraic thinking process of seventh grade students at MTs Surya Buana Malang. This research is a qualitative descriptive study. Subjects are grouped into three categories, namely high, medium and low math abilities. Data were obtained based on the results of tests analyzed based on the students' algebraic thinking process. The results of this study indicate that students often experience difficulties in obtaining information from the given questions so that students have difficulty in predicting patterns and chunking information. The contributing factor is that students are not familiar with the types of non-routine questions. In addition, students also experience difficulties in explaining the rules to determine or look for the next pattern. The contributing factor is the lack of students' ability to represent what is known into mathematical models (equations and pictures), the use of mathematical symbols, and algebraic operations. Difficulties experienced by students affect students in describing or explaining change and justifying rules based on other representations.

Keywords: thinking, thinking process, thinking algebra


Keywords


berpikir, proses berpikir, berpikir aljabar

Full Text:

FULLTEXT PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 dian novita cahyaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo