Cahyaningtyas cahyaningtyas Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Malang Indonesia
Dian Novita Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Malang Indonesia
Dian Novita Cahyaningtyas, Lahir di Pasuruan, 03 November 1993. Gelar Sarjana S1 diperoleh pada Tahun 2016 Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang. Tahun 2017 melanjutkan studi ke jenjang S2 di Universitas Negeri Malang sampai saat ini. Penulis adalah mahasiswi Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang Semester 2.
Toto Toto Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Malang Indonesia
Cahyaningtyas cahyaningtyas,
Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Malang, Indonesia Dian Novita,
Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Malang, Indonesia Toto Toto,
Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan studi pendahuluan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar siswa kelas VII di MTs Surya Buana Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data diperoleh berdasarkan hasil tes yang dianaisis berdasarkan proses berpikir aljabar siswa. Hasil yang diperoleh yaitu indikator pertama, mengelompokkan informasi siswa sering mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi dari soal yang diberikan sehingga siswa kesulitan dalam memprediksi pola dan chunking informasi. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang terbiasa dengan jenis soal non rutin seperti yang diberikan tersebut. Selain itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam menjelaskan aturan untuk menentukan atau mencari pola selanjutnya. Hal tersebut terkait dengan kurangnya kemampuan siswa dalam merepresentasikan apa yang diketahui ke dalam model matematika (persamaan dan gambar), penggunaan simbol matematika dan operasi aljabar. Sehingga kesulitan tersebut mempengaruhi siswa dalam menggambarkan atau menjelaskan perubahan dan membenarkan aturan berdasarkan representasi yang lainnya.
Kata Kunci: berpikir, proses berpikir, berpikir aljabar
Analysis of Student Algebra Thinking Process
Abstract
This research is a preliminary study that aims to describe the algebraic thinking process of seventh grade students at MTs Surya Buana Malang. This research is a qualitative descriptive study. Subjects are grouped into three categories, namely high, medium and low math abilities. Data were obtained based on the results of tests analyzed based on the students' algebraic thinking process. The results of this study indicate that students often experience difficulties in obtaining information from the given questions so that students have difficulty in predicting patterns and chunking information. The contributing factor is that students are not familiar with the types of non-routine questions. In addition, students also experience difficulties in explaining the rules to determine or look for the next pattern. The contributing factor is the lack of students' ability to represent what is known into mathematical models (equations and pictures), the use of mathematical symbols, and algebraic operations. Difficulties experienced by students affect students in describing or explaining change and justifying rules based on other representations.