Analisis Kemampuan Penalaran Analogis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Authors

  • Mohammad Ridhoi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang
  • I Made Sulandra Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang
  • Sukoryanto Sukoryanto Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang
  • Toto Nusantara Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.19649

Keywords:

penalaran analogi, pemecahan masalah

Abstract

Penalaran analogi secara khusus mempunyai peran penting dalam pelajaran matematika. Penalaran analogi dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah matematika, jika siswa dapat menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya untuk menyelesaikan masalah yang baru. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIA SMP Brawijaya Smart School. Subjek penelitian terdiri dari 25 orang siswa. Berdasarkan hasil tes, siswa di kelompokan dalam 3 kelompok yaitu kelompok kemampuan penalaran analogi rendah (A1), kelompok kemampuan penalaran analogi sedang (A2), dan kelompok kemampuan penalaran analogi tinggi (A3). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penalaran analogi siswa secara umum masih rendah.

References

Azer, S. A., Guerrero, A. P., & Walsh, A. (2013). Enhancing learning approaches: Practical tips for students and teachers. Medical Teacher, 35(6), 433-443.

Di Giulio, R. C. (2004). Great teaching: What matters most in helping students succeed. Corwin Press.

Fischer, E. (2015). Mind the metaphor! A systematic fallacy in analogical reasoning. Analysis, 75(1), 67-77.

Frensch, P. A., & Funke, J. (2014). Complex problem solving: The European perspective. Psychology Press.

Lassiter, D., & Goodman, N. D. (2015). How many kinds of reasoning? Inference, probability, and natural language semantics. Cognition, 136(1), 123-134.

Leung, F. K. (2014). What can and we learn from international studies of mathematics achievement?. Mathematics Education Research Journal, 26(3), 579-605.

Lovett, A., & Forbus, K. (2017). Modeling visual problem solving as analogical reasoning. Psychological Review, 124(1), 60.

Magdas, I. (2015). Analogical reasoning in geometry education. Acta Didactica Napocensia, 8(1), 57-65.

May, D. B., Hammer, D., & Roy, P. (2006). Children's analogical reasoning in a third-grade science discussion. Science Education, 90(2), 316-330.

Mozzer, N. B., & Justi, R. (2013). Science teachers' analogical reasoning. Research in Science Education, 43(4), 1689-1713.

Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method (Vol. 85). Princeton university press.

Richland, L. E., & Simms, N. (2015). Analogy, higher order thinking, and education. Wiley Interdisciplinary Reviews: Cognitive Science, 6(2), 177-192.

Sternberg, R. J., & Sternberg, K. (2016). Cognitive psychology. Nelson Education.

Downloads

Published

2021-04-12

How to Cite

Ridhoi, M., Made Sulandra, I., Sukoryanto, S., & Nusantara, T. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Analogis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 21–25. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.19649

Issue

Section

Articles