Analisis Kemampuan Penalaran Analogis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Mohammad Ridhoi, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Indonesia
I Made Sulandra, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sukoryanto Sukoryanto, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Toto Nusantara, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Penalaran analogi secara khusus mempunyai peran penting dalam pelajaran matematika. Penalaran analogi dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah matematika, jika siswa dapat menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya untuk menyelesaikan masalah yang baru. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIA SMP Brawijaya Smart School. Subjek penelitian terdiri dari 25 orang siswa. Berdasarkan hasil tes, siswa di kelompokan dalam 3 kelompok yaitu kelompok kemampuan penalaran analogi rendah (A1), kelompok kemampuan penalaran analogi sedang (A2), dan kelompok kemampuan penalaran analogi tinggi (A3). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penalaran analogi siswa secara umum masih rendah.

Keywords


penalaran analogi; pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Azer, S. A., Guerrero, A. P., & Walsh, A. (2013). Enhancing learning approaches: Practical tips for students and teachers. Medical Teacher, 35(6), 433-443.

Di Giulio, R. C. (2004). Great teaching: What matters most in helping students succeed. Corwin Press.

Fischer, E. (2015). Mind the metaphor! A systematic fallacy in analogical reasoning. Analysis, 75(1), 67-77.

Frensch, P. A., & Funke, J. (2014). Complex problem solving: The European perspective. Psychology Press.

Lassiter, D., & Goodman, N. D. (2015). How many kinds of reasoning? Inference, probability, and natural language semantics. Cognition, 136(1), 123-134.

Leung, F. K. (2014). What can and we learn from international studies of mathematics achievement?. Mathematics Education Research Journal, 26(3), 579-605.

Lovett, A., & Forbus, K. (2017). Modeling visual problem solving as analogical reasoning. Psychological Review, 124(1), 60.

Magdas, I. (2015). Analogical reasoning in geometry education. Acta Didactica Napocensia, 8(1), 57-65.

May, D. B., Hammer, D., & Roy, P. (2006). Children’s analogical reasoning in a third-grade science discussion. Science Education, 90(2), 316-330.

Mozzer, N. B., & Justi, R. (2013). Science teachers’ analogical reasoning. Research in Science Education, 43(4), 1689-1713.

Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method (Vol. 85). Princeton university press.

Richland, L. E., & Simms, N. (2015). Analogy, higher order thinking, and education. Wiley Interdisciplinary Reviews: Cognitive Science, 6(2), 177-192.

Sternberg, R. J., & Sternberg, K. (2016). Cognitive psychology. Nelson Education.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.19649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo