Pengaruh Model Pembelajaran Sains, Teknologi, dan Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Peserta Didik

Dwita Rachmawati, Yogyakarta State University, Indonesia
Eli Rohaeti, Yogyakarta State University, Indonesia

Abstract


Pengaruh Model Pembelajaran Sains, Teknologi, dan Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Peserta Didik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: kemampuan bepikir kritis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan 5M jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik, motivasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan 5M, motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model STM, dan motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model 5M. Populasi penelitian kuasi eksperimen menggunakan posttest design only adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Godean pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 192 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji Ancova dengan taraf signifikansi 5% dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal kemampuan berpikir kritis antara peerta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan pembelajaran 5M apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik, motivasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan 5M, motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model STM, dan motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model 5M pada materi pembelajaran Larutan Penyangga di SMAN 1 Godean.

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, sains teknologi dan masyarakat (STM), motivasi, pengetahuan awal

 

The Effect of Science, Technology, and Society on Critical Thinking Skills and Learning Motivation of Student

 

Abstract

The objectives of this work are to investigate the significant differences in (1) critical thinking skill of student which using STM and 5M by controlling student’s prior knowledge; (2) motivation of student which using STM and 5M model; (3) motivation before and after followed learning by STM; and (4) motivation before and after followed learning by 5M. This research was quasi experiment research that used posttest design only. The pupulations of this research were the eleventh grade students of SMAN 1 Godean in the second semester of the academic year of 2016/2017 as many as 192 students. The datas were analyzed using the analysis of covariance (Ancova) with significance level of 5% and t-test. The results show that there are significant differences in: critical thinking skill of student which using STM and 5M by controlling student’s prior knowledge,  motivation of student which using STM and 5M model, motivation before and after followed learning by STM,  and motivation before and after followed learning by 5M in buffer solution at SMAN 1 Godean.

Keyword: critical thinking skill, motivation, science technology society (STS), and student’s prior knowledge



Keywords


critical thinking skill, motivation, science technology society (STS), and student’s prior knowledge

Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Akcay, H. & Yager, R. (2010). The Impact of a Science/Technology/Society Teaching Approach on Student Learning in Five Domains. J Sci Educ Technol, 2010, 19: 602-611. DOI. 10.1007/s10956-010-9226-7 Annisa & Rohaeti, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran STM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, IV (2), 2017, 98-105 Autieri, M.S., Amirshokoohi, A., & Kanzempour, M. (2016). The science-technology-society framework for achieving scientific literacy: an review of the existing literature. European Journal of Science and Mathematics Education, 2016, Vol.4, No.1, 75-89. Bettencourt, C., Velho, J., L., & Almeida, P., A. (2011). Biology Teachers’ Perceptions about Science-Technology-Society (STS) Education. Procedia Social and Behavioral Sciences 15 (2011) 3148-3152. Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilitiesi. Diakses dari http://faculty. education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000. pada tangal 7 November2016, Jam 21.55 WIB. Smitha, E.T & Aruna, P.K. (2014). Effect of Science Technology Society Approach on Achivement Motivation in Biology of Secondary School Students Kasaragod District. IOSR Journal of Humaities and Social Science (IOS-JHS) Volume 19, Issue 4, Ver. VII (Apr. 2014), PP 54-58. e-ISSN: 2279-0837, p-ISSN: 2279-0845. Fauziansyah, Y., A,. Maryani., & Ningrum, E. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Journal Pendidikan Geografi, Volume 13, Nomor 2, Oktober 2013, halaman 159-166. Firdiansyah, A., Suratno, & Pujiastuti. (2014). Penerapan Pembelajaran Inquiri Termbimbing (Guided Inquiry) dengan Pendekatan, Teknologi dan Masyarakat (STM) dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi (Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Jenggawah Kabupaten Jember). Artikel Ilmiah Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember (UNEJ). Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga. Kuswana, S. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Maimunah. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Science Environment Technology and Society (SETS) Untuk Meningkatkan Keamampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Formatif 6(2): 124-140. ISSN: 2088-351X. Mansour, N. (2009). Science-Technology-Society (STS): A new paradigm in Science Education. Bulletin of science, technology and society, 29(4): 287-297. DOI: 10.1177/0270467609336307. OECD. (2016). PISA 2015 Result in Focus. Diakses dari http://www.oecd.org pada tanggal 8 Desember 2016, Jam 13.45 WIB. Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Purwaningtyas, R., Ashadi, & Suparmi. Pembelajaran Kimia Menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Dengan Metode Proyek dan Metode Eksperimen Ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal Inkuiri ISSN 2252-7893, Vol 1, No. 2012 (hal 44-50) Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Uno, H. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Yoruk, N., Morgil, I., & Secken, N. (2010). The Effect of Science, Technology, Society, Environment (STSE) interaction of Teaching Chemistry. Natural Science Vol. 2 No.12,1417-1424. DOI:10.4236/ns.2010.212173


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dwita Rachmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo