Implementasi Strategi Pembelajaran Guided Note Taking terhadap Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Kimia
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.31398Keywords:
aktivitas belajar, pemahaman konsep, strategi guided note takingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan aktivitas belajar dan pemahaman konsep peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan strategi guided note taking dengan yang tidak mengikuti pembelajaran dengan strategi guided note taking apabila pengetahuan awal dikendalikan; (2) sumbangan penerapan strategi guided note taking terhadap aktivitas belajar dan pemahaman konsep; (3) respon peserta didik terhadap strategi guided note taking. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain posstest-only. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes pemahaman konsep dan angket respon. Analisis data menggunakan uji MANCOVA dan nilai partial eta-squared. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar dan pemahaman konsep antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan strategi guided note taking dengan yang tidak mengikuti pembelajaran dengan strategi guided note taking apabila pengetahuan awal dikendalikan; (2) sumbangan strategi guided note taking terhadap aktivitas belajar dan pemahaman konsep adalah 24%; (3) respon peserta didik terhadap strategi guided note taking sangat baik.
References
Blom, R. (2017). Guided note taking and student achievement in a media law course. Journalism & Mass Communication Educator, 72(4), 384-396.
Fenica, I., Muderawan, I. W., & Widiartini, P. (2017). Implementasi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 1-6.
Kuswana, (2012). Taksonomi kognitif. PT Remaja Rosda Karya.
Majid, A. N., & Rohaeti, E. (2018). The effect of context-based chemistry learning on student achievement and attitude. American Journal of Educational Research, 6(6), 836-839.
Nur, A. V., & Sumarni, W. (2017). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran guided note taking berbantuan media Kimmy-Games terhadap pemahaman konsep kimia siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1), 1-9.
Prabowowati, K., & Hadisaputro, S. (2014). Penerapan media chemscool dengan metode guided note taking pada pemahaman konsep siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 18-25.
Samitra, D., Krisnawati, Y., & Malasari, N. (2018). Pengaruh model guided note taking terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kota Lubuklinggau. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1(1), 1-10.
Sardiman. (2012). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Rajawali Pers.
Silberman, M. (2007). Active learning 101 strategi pembelajaran aktif. Pustaka Insan Madani.
Subroto, T. (2012). Model pembelajaran guided note taking berbantuan media chemo-edutainment pada materi pokok koloid. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 7-16.
Suprijono. (2010). Cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar.
Zaini, H. (2008). Strategi pembelajaran aktif. Pustaka Insan Madani.
Zuhroti, B., Marfu'ah, S., & Ibnu, M. S. (2018). Identifikasi pemahaman konsep tingkat representasi makroskopik, mikrokopik dan simbolik siswa pada materi asam-basa. Jurnal Pembelajaran Kimia, 3(2), 44-49.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.