Kemampuan Calon Guru Biologi Dalam Menyusun Rubrik Analitis Pada Asesmen Kinerja

Ana Ratna Wulan, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Studi deskriptif telah dilakukan di Jurusan Pendidikan Biologi UPI, Bandung, untuk mengkaji kemampuan calon guru dalam menyusun rubrik analitis penilaian kinerja. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, sebagian calon guru (12,50%) menggunakan penilaian kinerja dalam rencana pelajaran yang mereka buat. Kemampuan calon guru dalam menyusun rubrik analitis masih sangat kurang. Mereka masih mengalami kesulitan dalam memadukan konten dan proses biologi ke dalam standar kriteria (73%). Umumnya calon guru masih kesulitan dalam menentukan kriteria untuk rubrik analitis (62%). Sebagian besar (87%), mereka menyatakan bahwa penyusunan rubrik analitis lebih sulit dibanding rubrik holistik. Umumnya para calon guru tidak mengalami kesulitan dalam menyusun rubrik holistik.

Kata kunci: rubrik analitis, asesmen kinerja, calon guru biologi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo