Kemampuan Calon Guru Biologi Dalam Menyusun Rubrik Analitis Pada Asesmen Kinerja
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.172Abstract
Studi deskriptif telah dilakukan di Jurusan Pendidikan Biologi UPI, Bandung, untuk mengkaji kemampuan calon guru dalam menyusun rubrik analitis penilaian kinerja. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, sebagian calon guru (12,50%) menggunakan penilaian kinerja dalam rencana pelajaran yang mereka buat. Kemampuan calon guru dalam menyusun rubrik analitis masih sangat kurang. Mereka masih mengalami kesulitan dalam memadukan konten dan proses biologi ke dalam standar kriteria (73%). Umumnya calon guru masih kesulitan dalam menentukan kriteria untuk rubrik analitis (62%). Sebagian besar (87%), mereka menyatakan bahwa penyusunan rubrik analitis lebih sulit dibanding rubrik holistik. Umumnya para calon guru tidak mengalami kesulitan dalam menyusun rubrik holistik.
Kata kunci: rubrik analitis, asesmen kinerja, calon guru biologi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.