Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika
Sugiman Sugiman, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis masalah yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan prestasi belajar matematika, yang valid, praktis, dan efektif, pada materi lingkaran VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang dikembangkan diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi: tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan tes prestasi belajar matematika. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku panduan guru yang dan buku siswa yang dikembangkan berada dalam kategori sangat baik dan baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa buku panduan guru dan buku siswa berada dalam kategori baik. Hasil uji coba berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika mencapai hasil masing-masing 72% dan 75% serta menunjukkan bahwa buku panduan guru dan buku siswa berada dalam kategori baik. Sehingga, disimpulkan bahwa bahan ajar matematika berbasis masalah yang dikembangkan memiliki kualitas yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan prestasi belajar matematika siswa.
Developing Problem-Based Mathematics Instructional Materials Oriented to Students’ Mathematics Problem Solving Skill And Mathematics Achievement
Abstract
This research aimed to produce a problem-based mathematics instructional materials oriented to students’ mathematics problem solving skill and achievement, which is valid, practical, and effective, on the topic of circle for VIII grade students of junior high school. This developmental research used ADDIE developmental model, including analysis, design, development, implementation, and evaluation step. The instrument used in this research were validation sheet, teacher assessment sheet, student assessment sheet, teaching observation sheet, test of students’ mathematics problem solving skill and achievement. This research produces problem-based mathematics instructional materials consisting teacher guide book and student book. The result of the validation shows that the teacher guide book and student book was very good and good. The result of the try out indicated that teacher guide book and student book were good. The result of the try out based on students’ mathematics problem solving skill and mathematics achievement reached 72% and 75%, showed that the teacher guide book and student book were good. It can conclude that a problem-based mathematics instructional materials was valid, practical, and effective oriented to students’ mathematics problem solving skill and achievement.
Keywords: mathematics instructional materials based on problem,mathematics problem solving skiil, mathematics students achievement
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed). New York: Mc Graw-Hill Companies. Inc. Bell, F. H. (1978). Teaching and learning mathematics (in secondary schools). Dubuque: Wm C. Brown Company Publishers. Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Diambil pada tanggal 8 Agustus 2015, dari http://reasearc-hengines.com/cristiana6-04.html. Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Ke¬efek¬-tifan PBL dan IBL di¬tinjau dari prestasi be¬lajar, ke¬mampuan repre-sen¬¬tasi ma¬te¬¬matis, dan mo¬tivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240. Husnidar, Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Penerapan model pembe¬lajaran berba¬sis masa¬lah untuk mening¬katkan ke¬mam¬¬puan berpikir kri¬tis dan disposisi mate¬matis siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 71-82. Ibrahim. (2011). Pengembangan bahan ajar matematika se¬kolah berbasis masalah ter¬buka untuk memfasilitasi pen-capaian kemampuan ber¬pikir kritis dan kreatif mate¬matis siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 122-132. Kodariyati, L., & Astuti B. (2016). Penga¬ruh model PBL ter¬hadap ke¬mampuan ko-muni¬kasi dan pemecahan ma¬salah mate¬matika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93-106. Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pen-didikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMP. Mullis, Ina. V.S., Martin, M. O., & Foy, P.. (2008). TIMSS 2007 International mathematics report: finding from IEA’s trends in inter¬national mathematics and science study at the fourt and eight grades. Amsterdam: TIMSS & PIRLS International Study Center Lynch School of Education. Mullis, Ina. V.S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2012). Trends in interna-tional mathematics and science study TIMSS. TIMSS 2011 International result in mathematics. Amsterdam: TIMSS & PIRLS International Study Center Lynch School of Education. Nieveen, N., McKenney, S., & van den Akker. (2006). Educational design research dalam Educational design research. New York: Routledge. Nu’man, M. (2015). Pengembangan bahan ajar geometri trans¬formasi berdasarkan problem based-learning untuk mem¬fasilitasi kemam¬puan ko¬-mu¬¬nikasi matematis maha¬siswa pendidikan mate¬matika uin sunan kalijaga. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (pp. 345-354). Surakarta: UMS Press. Nuranisa, R. A. (2014). Pengem¬bangan bahan ajar berbasis ma¬salah melalui metode group investigasi untuk memfa¬silitasi pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Skripsi sarjana, tidak diterbitkan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Nurina, H., & Widjajanti, D. B. (2015). Keefektifan pbl ditinjau dari ke¬mam-puan berpikir kritis dan kreatif mate-matis, serta self-esteem siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matemtika, 1(1), 48-57. OECD. (2010). PISA 2009 RESULT: What student know and can do student performance in reading, mathematics, and science (VOLUME 1). Diambil pada tanggal 8 Agustus 2015, dari http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts /48852548.pdf. Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pen-didikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMP. Rahmawati, U., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan model pembe¬lajaran matematika berbasis ma¬salah untuk siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 88-97. Roh, Kyeong Ha. (2003). Problem based learning in mathematics (pp.1-7): ERIC Digest. Sugiman, Yaya, S.K. & Sabandar, J. (2009). Pemecahan masalah mate¬matik dalam matematika realistik. Makalah Pendi-dikan Matematika (pp.1-8). Yogyakarta: UNY Press. Yanto, P., & Utari, S. (2007). Mengem-bangkan kemam¬puan pena¬laran dan ko¬neksi mate¬matik siswa sma melalui pembela¬jaran berbasis ma¬¬¬¬¬¬sa¬lah. Educationist, 1(2), 116-123. Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.16690
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jeaniver Yuliane Kharisma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: