IMPLEMENTASI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP AZHARYAH PALEMBANG
PANDI PUTRA TIHURI,
PGRI UNIVERSITY OF PALEMBANG, Indonesia Yusuf Hartono,
PGRI UNIVERSITY OF PALEMBANG, Indonesia Lusiana Lusiana,
PGRI UNIVERSITY OF PALEMBANG, Indonesia
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di kelas VIII. SMP Azharyah Palembang yang ditinjau dari tiga aspek yaitu: aktivitas siswa selama pembelajaran, respon atau sikap siswa pada pembelajaran, dan ketuntasan belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penelitian ini merupakan penelitain applied reseach (penelitian penerapan)dengan menggunakan eksperimen dan survey. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, angket, dan tes. Data akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisa dan statistik presentase skor, serta tabel keefektifan penerapan pendekatan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa keefektifan penerapan Pendektan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di kelas VIII.1 SMP Azharyah Palembang yang ditinjau dari tiga aspek yaitu aktivitas siswa, respon atau sikap siswa, dan ketuntasan belajar siswa diperoleh KPP (Keefektifan Penerapan Pendekatan) adalah 88,57% dengan kategori “Sangat Efektif”.
Kata Kunci: Penerapan, PMRI, Pelajaran Matematika
Application of Indonesian Realistic Mathematics Education Approach (PMRI) in Relation and Function Method in Class VIII SMP Azharyah Palembang
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of the application of the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach in class VIII. Palembang Azharyah Middle School which is viewed from three aspects: student activity during learning, student response or attitude to learning, and student learning completeness after the application of Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach. This research is an applied research study using experiments and surveys. Collecting data in this study using observations, questionnaires, and tests. Data will be analyzed using analysis techniques and percentage score statistics, as well as a table on the effectiveness of the application of the approach. The results of this study indicate that the effectiveness of the application of the Indonesian Realistic Mathematics Education Approach (PMRI) in class VIII.1 of Azharyah Middle School Palembang in terms of three aspects namely student activity, response or attitudes of students, and completeness of student learning obtained by KPP (Effectiveness of the Approach to Application) is 88,57% with the category "Very Effective".
Aulia. 2012. ”Penerapan PMRI Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Untuk Menumbuh Kembangkan Pendidikan Karakter”. Jurnal Pendidikan Matematika.124. Deka. 2010. ”Kajian Realistik Matematics Education (RME) dan Komunikasi Matematis Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar”. Jurnal Pendidikkan Matematika. Deasi Oktasari. 2012. Efektifitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realitisk Indonesia (PMRI) di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang. Skripsi S1 (tidak diterbitkan). FKIP Universitas PGRI Palembang. Dewi Rika. 2011. Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII di SMP PGRI Betung. Skripsi S.1 (tidak Diterbitkan). FKIP Universitas PGRI Palembang. Lesiana. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Kubus Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMP Negeri 1 Tanah Abang. Skripsi S.1 (tidak diterbitkan). FKIP Universitas PGRI Palembang. Hartati.2008. Learning Styles Of Students In Math Attitudes Toward Math Learning Outcames. Jurnal Formatif. ISSn:2088-351X Haryati, dkk. 2008. ”Pengembangan MsteriPermukaan dan Volume Limas yang Sesuai dengan Karateristik PMRI di Kelas VIII SMP Negeri 4 Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika. 2. (1)53-54. Ilyas Ramdani. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Denngan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Memfasilitasi Pencapaiaan Literasi Matematika Siswa Kelas VII. Skripsi S.1 (diterbitkan) Universitas Negeri Yogyakarta. Jayanti. 2014. Diktat Belajar dalam Pembelajaran. Palembang: Univesitas PGRI Palembang. Jamaris. 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan .Jakarta: Ghalia Indonesia. Lusiana. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Generatif (MPG) Untuk Pelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3. No. 2. Mei Yulaikah. 2006. Penerapan Jingsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika. ISSN: 2337-3253 Vol.6. Ketrina, dkk. 2013. Penerapan Pendekatan PMRI Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika. Renny Anggraini. 2012. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negri 12 Palembang. Skripsi S.1 (tidak diterbitkan). FKIP Universitas PGRI Palembang. Sinambela. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dalam Pembelajaran Matematika . Jurnal Pendidikan Matematika (MATHEDU)PPs UNESA 1(6) : 131-140. Sugianto. 2014. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Smp Negeri 3 Lalan Musi Banyuasin. Skripsi S.1 (tidak diterbitkan). FKIP Universitas PGRI Palembang. Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik Teori, Pengembangan, dan Implementasi. Jakarta: Rajawali Pers. Yuliana. 2015. Penereapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 11 Lubuk Linggau. Skripsi S.1 (diterbitkan) STKIP-PGRI Lubuk Linggau. Windha Kartika. 2013. Penerapan PMRI Terahadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Alar Peraga Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika. ISSN 2252-6927 Vol. 1 No. 2