Peningkatan Hasil Belajar Analisis Proksimat Melalui Model Research pada Peserta Didik Kelas XIII Kimia Analisis SMK
Indayatmi
Program Studi Kimia Analisis SMK Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta
indayatmi@ymail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menggunakan model pembelajaran research untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dan hasil belajar pada kompetensi Analisis Proksimat kelas XIII SMK Negeri 2 Depok. Penelitian yang dilakukan terdiri dari 3 tahap yaitu pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, evaluasi hasil belajar, penilaian proses research, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran research dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XIII yaitu pada pra siklus diperoleh nilai evaluasi belajar rata-rata sebesar 63, siklus 1 sebesar 80, siklus 2 sebesar 87. Penggunaan model pembelajaran research dapat meningkatkan jumlah peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu pada pra siklus sebanyak 7 peserta didik, siklus 1 sebanyak 18 peserta didik, siklus 2 sebanyak 22 peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran research dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dan hasil belajar Analisis Proksimat pada peserta didik kelas XIII SMK Negeri 2 Depok.
Kata Kunci : research; Analisis Proksimat; aktivitas; hasil belajar
Improvement of Learning Result Proksimate Analysis by Research Model in Student Class XIII Chemical Analysis SMK
Abstract
This research aims to use learning research model to increase the activity students and learning outcomes in chemistry competency of class XIII SMK Negeri 2 Depok. Research carried out comprises of three stages : pre-cycle, cycle 1 and cycle 2. Data collection was conducted through observation, evaluation of learning outcomes, assessment research, and documentation. The results showed that the use research learning model can improve the learning outcomes of students of class XIII on pre cycle of learning evaluation values obtained by an average of 63, cycle 1 by 80, cycles 2 of 87. The use of the learning model research can increase the number of learners who on pre-cycle can increase the number of learner who achieve minimum scor criteria minimum of 7 students on cycle 1 of 18 students on cycle 2 of 22 students. The conclusion of this study is the use research learning model can improve the activity of the learner and the learning outcomes chemistry on students of class XIII SMK Negeri 2 Depok.
Arends. 2001. Classroom Instructional Mangement. New York : The McGraw-Hill Company. Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-russ Media Fitri Yuliawati. 2012. Penelitian Tindak an Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Yogyakarta. : Pedagogia. Hamzah B Uno. 2012. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktiv Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta : Bumi Aksara. Hartono R. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta : Diva Press. Jamal Ma’mur Asmani. 2013. 7 Tips Aplikasi PAKEM ( Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press. Jasa Ungguh Muliawan. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Mastur Faizi. 2013. Ragam Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Diva Press Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Novan Ardy Wiyani. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Rustam. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Pendidik. Jakarta : RajaGrafindo Persada. Sri Suryani. 2003. Belajar Analisis Proksimat Asyik dan Menyenangkan. Lubuk Linggau : MAN 1 Lubuklinggau. Sukardjo. 2005. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta : Program Pascasarjana UNY. Supriyadi. 2011. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu. Soekanto t, dan Saripudin U. 1996. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta : PPU-PPAI Universitas Terbuka. Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelaja-ran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Bandung : Kencana. Zainal Aqib. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Yrama Widya.