Pengaruh Model Pembelajaran Sains, Teknologi, dan Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik

Annisa Annisa, Pendidikan Kimia FMIPA UNY, Indonesia
Eli Rohaeti, Pendidikan Kimia FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan dalam hal (1) kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan 5M bila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik (2) kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran di kelas STM dan (3) sikap peduli lingkungan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran di kelas STM pada materi pembelajaran Senyawa Turunan Alkana di SMAN 1 Yogyakarta. Penelitian kuasi eksperimen dengan post test design only. Populasi penelitian ini adalah 234 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat kovarians (mankova) dengan taraf signifikansi 0,05 dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal (1) kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan 5M bila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik (2) kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran di kelas STM dan (3) sikap peduli lingkungan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran di kelas STM pada materi pembelajaran Senyawa Turunan Alkana di SMAN 1 Yogyakarta.

Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, sains teknologi dan masyarakat (STM), sikap peduli lingkungan dan pengetahuan awal.

 

THE EFFECT OF SCIENCE, TECHNOLOGY, AND SOCIETY ON CRITICAL THINKING SKILLS AND ENVIRONMENTAL ATTITUDES STUDENT

 

Abstract

This study aimed to investigate the significant difference in (1) critical thinking skill and environmental attitudes of student which learning use STM and 5M model by controlling student’s prior knowledge; (2) critical thinking skill before and after learning use STM model; and (3) environmental attitudes before and after learning use STM model in derivates alkanes of class XII students Senior High School 1 of Yogyakarta year 2016/2017. This study used the quasi experimental method with post-test design only. The population is 234 student. The data was analyzed using the multivariate analysis of covariance (mancova) test with the signifance level of 0.05 and t-test. The result of the study showed that there was an effect difference in (1) critical thinking skill and environmental attitudes of student which learning use STM and 5M model by controlling student’s prior knowledge (2) critical thinking skill before and after followed learning by STM model and 3) environmental attitudes before and after followed learning by STM model in alkanes derivatives of class XII students Senior High School 1 of Yogyakarta.

 

Keyword: critical thinking skill, environmental attitudes, science technology society, and  student’s prior knowledge


Keywords


kemampuan berpikir kritis, sains teknologi dan masyarakat (STM), sikap peduli lingkungan dan pengetahuan awal.

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Aikenhead, G.S. (2005). Research Into STS Science Education. Educación Química, 16 : 384-397. Akcay, B. & Akcay H. (2015). Effectiveness of science-technology-society (STS) instruction on student understanding of the nature of science and attitudes toward science. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 3(1): 37-45. Amirshokoohi, A. (2016). Impact of STS Issue Oriented Instruction on Pre-Service Elementary Teachers’ Views and Perceptions of Science, Technology, and Society. International Journal of Environmental & Science Education, 2016, 11(4): 359-387. Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Dahar, R.W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical Thinking Framework for Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 2006, Vol. 17, Number 2: 160-166. Ennis, R.H. (1996). Critical thinking dispositions: Their nature and assessability. Informal Logic, 18, 2 & 3: 165-182. Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilitiesi. Diakses dari http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000. pada tangal 16 September 2016, Jam 23.11 WIB. Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis. Jakarta : Erlangga. Gusfarenie, D. (2013). Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM). Jurnal Edu-Bio; Vol 4, Tahun 2013: 21-31. Kementrian Lingkungan Hidup. (2013). Excutive Summary Perilaku Masyarakat Peduli Lingkungan Survei KLH 2012. Diakses dari http://www.menlh.go.id/buku-survei-2012-perilaku-masyarakat-peduli-lingkungan/ pada tanggal 17 Oktober 2016, Jam 11.15 WIB. Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusnan Instrumen dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset. Muhajir, S., & Rohaeti, E. (2015). Perbedaan Penerapan Pembelajaran STS dan CTL terhadap Literasi Sains dan Prestasi Belajar Siswa. Journal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III No 2 Desember 2015: 143-155. OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-years-olds know and what they can do with what they know. Diakses dari http://www.oecd.org pada tanggal 27 September 2016, Jam 12.32 WIB. Pewnim, K., Ketpichainarong, W., & Ruenwongsa, P. (2010). Bringing Science to Community: A STS: Based-Learning Unit on Biocontrol for Secondary School Student. The International Journal of Learning. 14(7): 29-44. Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya. Puspitasari, E., Sumarmi, & Amirudin, A. (2016). Integrasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA. Jurnal Program Pendidikan Geografi. Malang: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Volume: 1 Nomor: 2 Bulan Februari Tahun 2016: 122-126. Rosario, B.I.D. (2010). Science, Technology, Society and Environment (STSE) Approach in Environment Science for Nonscience Student in Local Culture. Liceo Journal of Higher Education Research. 6, (1): 269-283. Santoso, A.M., Sajidan, & Suciati, S. (2013). Penerapan Model Science Technology Society Melalui Eksperimen Lapangan dan Eksperimen Laboratorium ditinjau dari Sikap Peduli Lingkungan dan Kreativitas Verbal Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Vol 2, No 3 2013: 204-215. Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.14409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Annisa Annisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo