Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v4i1.12937Keywords:
media pembelajaran, fertilisasi manusia, motivasi belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi fertilisasi manusia yang sesuai dengan kaidah penelitian dan pengembangan; (2) mengetahui kualitas media pembelajaran hasil pengembangan ditinjau dari aspek materi dan aspek media; (3) meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi fertilisasi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model dari Borg dan Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran berbantuan komputer dikembangkan melalui studi pendahuluan, desain produk, produksi dan validasi, uji coba dan revisi, dan produk akhir; (2) kualitas media pembelajaran ditinjau dari aspek materi dan aspek media dinilai "sangat baik"; (3) terjadi peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar.
Kata Kunci: media pembelajaran, fertilisasi manusia, motivasi belajar, hasil belajar
Developing Computer-Based Learning Media to Improve Motivation and Learning Outcome
Abstract
The aims of this study were: (1) to developed computer-based learning media on the human fertilization topic according to the rules of research and development; (2) to investigate the quality of the developed learning media in terms of materials and media aspects; (3) to improve the motivation and student's learning outcomes using computer-based learning media on the topic of human fertilization. The type of this study was a Research and Development (R&D) by referring from Borg and Gall. The results study showed that: (1) Computer-based learning media was developed throught the preliminary study, product design, production and validation, tryout and revision, and final product; (2) The quality of the learning media in terms of the materials aspect and the media aspect was in the very good category; (3) There was an improvement on the students learning motivation and learning outcomes.
Keywords: learning media, human fertilization, learning motivation, learning outcome
References
Akhirni, A., & Mahmudi, A. (2016). Pengaruh pemanfaatan cabri 3D dan geogebra pada pembelajaran geometri ditinjau dari hasil belajar dan motivasi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(2), 91-100. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10922
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research. New York, NY: Longman.
Depdikbud. (2006). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA
Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis penyusunan perangkat penilaian afektif di SMA. Diambil pada tanggal 10 Oktober 2012 dari (http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:Kckp86jVEtcJ:www.guruindonesia.net/admin/file/f_8899_22.JuknisPengembanganBahanAjar.pdf)
Hake, R. R. (1998). Analizyng Change/Gain Score. USA: Dept. Of Physics, Indiana University
Mas'ud, M. (2012). Membuat Media Pembelajaran dengan Lectora Inspire. Yogyakarta: PT. Skripta Media Creative
Nuryani, R. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press
Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, A. S., Raharjo, H. A., & Raharjito. (2012). Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susilana, R. & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.