Peningkatan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 10 Kupang Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya pada Materi Sistem Gerak Manusia Tahun Ajaran 2012/2013

Mariayati Imelda Mbatu, Prodi Pendidikan Biologi Jurdik MIPA FKIP Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Sri Sumiyati, Prodi Pendidikan Biologi Jurdik MIPA FKIP Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Andam Suriyanti Ardan, Prodi Pendidikan Biologi Jurdik MIPA FKIP Universitas Nusa Cendana, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII B SMP Negeri 10 Kupang melalui implementasi model pembelajaran Tutor Sebaya pada materi sistem gerak pada manusia pada tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, perencana-an, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan melalui tes tertulis prestasi belajar biologi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif untuk melihat aktivitas dan ketuntasan belajar siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa rerata aktivitas siswa meng-alami peningkatan pada siklus I mencapai 2,052 (kualifikasi cukup) dan pada siklus II mencapai 3,013 (kualifikasi baik). Sedangkan aktivitas guru juga mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 73,5% (kualifikasi baik) meningkat pada siklus II menjadi 80% (kualifikasi sangat baik). Hasil tes menunjukkan ada peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 20%, dari siklus I ketuntasan siswa mencapai 67,5% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II, dengan rerata prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 73,5 meningkat menjadi 80,5 pada siklus II.

Kata kunci: model pembelajaran tutor sebaya, prestasi belajar biologi, aktivitas siswa


Keywords


model pembelajaran tutor sebaya; prestasi belajar biologi; aktivitas siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo