Pemanfaatan Potensi Lokal Sekolah dalam Pembelajaran Biologi SMP

Authors

  • Asri Widowati Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY
  • Yuni Wibowo Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY
  • Sukarni Hidayati Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12481

Keywords:

pembelajaran biologi, potensi lokal sekolah, keterampilan proses

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan peta potensi lokal sekolah dan menge-masnya dalam bahan ajar yang difokuskan untuk mengembangkan keterampilan proses SMP yang diin-ventarisasi potensi lokalnya adalah SMP di Kabupaten Bantul antara lain SMP N 1 Pandak, SMP 1 Seda-yu, SMP 2 Bambanglipuro, SMP 3 Pajangan. Instrumen pengumpulan data berupa angket, lembar obser-vasi potensi lokal sekolah. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil peneli-tian menunjukkan bahwa sebagian besar guru sudah mengenal potensi lokal sekolah, namun baru sebagi-an kecil saja yang memanfaatkannya ataupun mengemasnya dalam RPP atau LKS. Selain itu, potensi lokal sekolah yang ditemukan diantaranya berupa berbagai macam tanaman, sampah di lingkungan seki-tar sekolah, kolam dan padang rumput di halaman sekolah yang kemudian dikemas menjadi LKS. Ada-pun LKS direvisi sesuai dengan saran dosen ahli pada aspek isi, bahasa, penyajian dan kegrafikan. Berda-sarkan hasil identifikasi keterampilan proses yang dimunculkan dalam LKS antara lain: mengobservasi, mengklasifikasikan, mentabulasikan data, melakukan eksperimen, mengukur, menginterpretasikan data, menyimpulkan.

Kata kunci: pembelajaran biologi, potensi lokal sekolah, keterampilan proses

Downloads

Published

2013-12-13

How to Cite

Widowati, A., Wibowo, Y., & Hidayati, S. (2013). Pemanfaatan Potensi Lokal Sekolah dalam Pembelajaran Biologi SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 74–82. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12481

Issue

Section

Articles