Pemanfaatan Tanaman di Halaman Sekolah dalam Pembelajaran Anatomi Tumbuhan di SMA Negeri Bantul

Authors

  • Surachman Surachman Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY
  • Ratnawati Ratnawati Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12480

Keywords:

anatomi tumbuhan, nilai-nilai belajar, ragam hambatan, objek biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) respon siswa dalam belajar anatomi tumbuhan meng-gunakan tanaman yang tumbuh di halaman sekolah, 2) nilai-nilai belajar yang berkembang pada siswa yang diperoleh sebagai efek pengiring dalam belajar anatomi tumbuhan, 3) ragam hambatan dan solusi yang dilakukan guru Biologi SMA Negeri Bantul dalam memanfaatkan  tanaman yang tumbuh di hala-man sekolah dalam pembelajaran anatomi tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif, dengan variabel yang diteliti berupa respon siswa dalam belajar anatomi tumbuhan, nilai-nilai belajar yang berkembang selama proses pembelajaran anatomi tumbuhan, dan ragam hambatan yang dialami guru Biologi SMA Negeri Bantul dalam memanfaatkan objek tanaman yang tersedia di halaman sekolah dalam pembelajaran anatomi tumbuhan. Subjek penelitiannya adalah satu kelas siswa Kelas XI SMA Negeri I Banguntapan, dan guru-guru Biologi SMA Kabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan potensi tanaman di halaman sekolah dengan menggunakan panduan belajar berupa LKS direspon cukup baik oleh siswa, nilai-nilai afektif sebagai bentuk produk belajar berkembang cukup baik, dan hambatan guru dalam memanfaatkan potensi tanaman di halaman sekolah lebih banyak terjadi akibat kurang memadainya alat dan bahan belajar yang tersedia di sekolah.

Kata kunci: anatomi tumbuhan, nilai-nilai belajar, ragam hambatan, objek biologi

Downloads

Published

2013-12-13

How to Cite

Surachman, S., & Ratnawati, R. (2013). Pemanfaatan Tanaman di Halaman Sekolah dalam Pembelajaran Anatomi Tumbuhan di SMA Negeri Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 67–73. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12480

Issue

Section

Articles