Analisis Isi Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Biologi SMA yang Digunakan di Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12479Keywords:
LKS, indeks keterlibatan siswa, kesesuaian fenomena dan konsep, keruntutan rantai kognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) indek keterlibatan siswa dalam proses sains yang di-kembangkan dalam LKS Biologi SMA, (2) kesesuaian antara fenomena biologi yang diamati dengan kon-sep yang akan dicapai, (3) keruntutan rantai kognitif arahan diskusi dalam LKS. Metode penelitian adalah Analisis isi (Content Analysis). Obyek penelitiannya adalah LKS yang digunakan di SMA Kotamadya Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah modifikasi instrumen untuk Quantitative Analysis of Text-books and Laboratory Manual. (Romey, 1968 : 44-51), meliputi instrumen untuk mengukur: (1) indeks keterlibatan siswa dalam proses sains, (2) relevansi fenomena dengan konsep, (3) keruntutan rantai kogni-tif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) indeks keterlibatan siswa dalam LKS yang berasal dari penerbit lebih tinggi dibandingkan LKS buatan guru, (2) hampir semua LKS menunjukkan kurang sesuai antara fenomena yang didapat dengan konsep biologi yang diperoleh, (3) hampir semua LKS arahan diskusinya kurang runtut.
Kata kunci: LKS, indeks keterlibatan siswa, kesesuaian fenomena dan konsep, keruntutan rantai kognitif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.