Analisis Isi Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Biologi SMA yang Digunakan di Kota Yogyakarta

Authors

  • Siti Mariyam Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY
  • Sukarni Hidayati Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12479

Keywords:

LKS, indeks keterlibatan siswa, kesesuaian fenomena dan konsep, keruntutan rantai kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) indek keterlibatan siswa dalam proses sains yang di-kembangkan dalam LKS Biologi SMA, (2) kesesuaian antara fenomena biologi yang diamati dengan kon-sep yang akan dicapai, (3) keruntutan rantai kognitif arahan diskusi dalam LKS. Metode penelitian adalah Analisis isi (Content Analysis). Obyek penelitiannya adalah LKS yang digunakan di SMA Kotamadya Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah modifikasi instrumen untuk Quantitative Analysis of Text-books and Laboratory Manual. (Romey, 1968 : 44-51), meliputi instrumen untuk mengukur: (1) indeks keterlibatan siswa dalam proses sains, (2) relevansi fenomena dengan konsep, (3) keruntutan rantai kogni-tif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) indeks keterlibatan siswa dalam LKS yang berasal dari penerbit lebih tinggi dibandingkan LKS buatan guru, (2) hampir semua LKS menunjukkan kurang sesuai antara fenomena yang didapat dengan konsep biologi yang diperoleh, (3) hampir semua  LKS arahan diskusinya kurang runtut.

Kata kunci: LKS, indeks keterlibatan siswa, kesesuaian fenomena dan konsep, keruntutan rantai kognitif

Downloads

Published

2013-12-13

How to Cite

Mariyam, S., & Hidayati, S. (2013). Analisis Isi Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Biologi SMA yang Digunakan di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 60–66. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12479

Issue

Section

Articles