Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bunyi untuk Siswa Tunarungu di SMALB

Authors

  • Rahayu Dwisiwi Sri Retnowati Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12475

Keywords:

media pembelajaran, siswa tunarungu, materi bunyi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendapatkan media pembelajaran materi getaran, gelombang, dan bunyi untuk siswa tunarungu di SMALB-B yang efektif dari segi proses dan produk. Desain penelitian menggu-nakan  4 D Models yang tahapannya meliputi Define, Desain, Develop, dan Disseminate. Subjek peneliti-an adalah siswa SLB Negeri 2 Bantul (2 orang), SLB PGRI Trimulyo Bantul (1 orang), dan SLB Marsudi Putra 1 (3 orang) Bantul. Perangkat pembelajarannya RPP dan instrumen pengumpul datanya instrumen penilaian media pembelajaran oleh validator materi, validator media, guru, dan siswa untuk mendapatkan saran dan informasi tentang kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini meliputi keberhasilan proses dan produk. Penelitian ini telah menghasilkan media pembelajaran materi getaran, gelombang, dan bunyi menggunakan Software Adobe Flash C4 Professional yang layak digunakan untuk siswa tunarungu di SMALB. Pengoperasian media pembelajaran ini mudah; siswa dapat membaca istilah dan melihat proses yang terjadi melalui animasi, serta melihat video contoh kejadian sehari-hari; ada soal evaluasi di setiap akhir materi. Penguasaan materi siswa dua sekolah dari tiga  sekolah yang melaksana-kan ujicoba dan desiminasi, telah mencapai KKM dan satu sekolah belum mencapai KKM.

Kata kunci: media pembelajaran, siswa tunarungu, materi bunyi

Downloads

Published

2013-12-13

How to Cite

Retnowati, R. D. S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bunyi untuk Siswa Tunarungu di SMALB. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 30–40. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12475

Issue

Section

Articles