Keefektifan Pendekatan Inquiry Based Learning untuk Meningkatan Karakter Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Fisika

Mundilarto Mundilarto, Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan inquiry based learning untuk meningkatkan karakter disiplin, kreatif, percaya diri, dan kerjasama peserta didik. Metode yang diguna-kan adalah metode quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X dan XI jurusan IPA di SMA Negeri 1 Godean dan SMA Negeri 1 Ngaglik. Sampel di SMA Negeri 1 Godean dilakukan dengan teknik clustur random sampling, sedangkan sampel di SMA Negeri 1 Ngaglik dilaku-kan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan angket untuk masing-masing karakter. Angket yang digunakan bersifat tertutup. Pengukuran didasarkan pada skor yang diper-oleh peserta didik berdasarkan pengisian angket. Teknik analisis data meng-gunakan standard gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pendekatan inquiry based learning lebih efektif daripada pendekatan konvensional untuk meningkatkan karakter disiplin, kreatif, percaya diri, kerjasama peserta didik dalam pembelajaran fisika.

Kata kunci: inquiry based learning, karakter, disiplin, kreatif, percaya diri, kerjasama


Keywords


inquiry based learning; karakter; disiplin; kreatif; percaya diri; kerjasama

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo