Keefektifan Pendekatan Inquiry Based Learning untuk Meningkatan Karakter Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Fisika

Authors

  • Mundilarto Mundilarto Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12474

Keywords:

inquiry based learning, karakter, disiplin, kreatif, percaya diri, kerjasama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan inquiry based learning untuk meningkatkan karakter disiplin, kreatif, percaya diri, dan kerjasama peserta didik. Metode yang diguna-kan adalah metode quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X dan XI jurusan IPA di SMA Negeri 1 Godean dan SMA Negeri 1 Ngaglik. Sampel di SMA Negeri 1 Godean dilakukan dengan teknik clustur random sampling, sedangkan sampel di SMA Negeri 1 Ngaglik dilaku-kan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan angket untuk masing-masing karakter. Angket yang digunakan bersifat tertutup. Pengukuran didasarkan pada skor yang diper-oleh peserta didik berdasarkan pengisian angket. Teknik analisis data meng-gunakan standard gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pendekatan inquiry based learning lebih efektif daripada pendekatan konvensional untuk meningkatkan karakter disiplin, kreatif, percaya diri, kerjasama peserta didik dalam pembelajaran fisika.

Kata kunci: inquiry based learning, karakter, disiplin, kreatif, percaya diri, kerjasama

Downloads

Published

2013-12-13

How to Cite

Mundilarto, M. (2013). Keefektifan Pendekatan Inquiry Based Learning untuk Meningkatan Karakter Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 24–29. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12474

Issue

Section

Articles