Perbedaan Pembelajaran Fisika Berbantuan Komputer Teknik Simulasi Tertutup dan Terbuka Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis

Authors

  • Slamet Slamet Dosen Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY
  • Rian Galih Pradani Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY
  • Syarifah Syarifah Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12473

Keywords:

keterampilan berpikir kritis, simulasi komputer, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan pembelajaran fisika berban-tuan komputer  teknik simulasi tertutup dan terbuka terhadap keterampilan berpikir kritis, (2) mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di SMA N 2 Yogyakarta, menggunakan Randomize Pretest-Posttest Comparison Group Design. Pensampe-lan menggunakan Cluster Random Sampling terhadap populasi kelas X. Diperoleh dua dari enam kelas dengan masing-masing sampel sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis sebelum perlakuan (pretest), pada saat perlakukan (penilaian kinerja), dan setelah pembelajaran (posttest). Teknik pengujian hipotesis untuk melihat perbedaan keterampilan berpikir kritis menggunakan Uji-t, untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar menggunakan analisis regresi. Taraf siginifikansi yang digunakan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan signifikan antara pembelajaran fisika berbantuan komputer teknik simulasi tertutup dan terbuka terhadap keterampilan berpikir kritis pokok bahasan listrik dinamis, (2) terdapat pengaruh signifikan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar.

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, simulasi komputer, hasil belajar

Downloads

Published

2013-12-13

How to Cite

Slamet, S., Pradani, R. G., & Syarifah, S. (2013). Perbedaan Pembelajaran Fisika Berbantuan Komputer Teknik Simulasi Tertutup dan Terbuka Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12473

Issue

Section

Articles