Perbedaan Pembelajaran Fisika Berbantuan Komputer Teknik Simulasi Tertutup dan Terbuka Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12473Keywords:
keterampilan berpikir kritis, simulasi komputer, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan pembelajaran fisika berban-tuan komputer teknik simulasi tertutup dan terbuka terhadap keterampilan berpikir kritis, (2) mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di SMA N 2 Yogyakarta, menggunakan Randomize Pretest-Posttest Comparison Group Design. Pensampe-lan menggunakan Cluster Random Sampling terhadap populasi kelas X. Diperoleh dua dari enam kelas dengan masing-masing sampel sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis sebelum perlakuan (pretest), pada saat perlakukan (penilaian kinerja), dan setelah pembelajaran (posttest). Teknik pengujian hipotesis untuk melihat perbedaan keterampilan berpikir kritis menggunakan Uji-t, untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar menggunakan analisis regresi. Taraf siginifikansi yang digunakan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan signifikan antara pembelajaran fisika berbantuan komputer teknik simulasi tertutup dan terbuka terhadap keterampilan berpikir kritis pokok bahasan listrik dinamis, (2) terdapat pengaruh signifikan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar.
Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, simulasi komputer, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.