Berbagai Bentuk Metode Resitasi pada Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika di SMA
Zuhdan K Prasetyo,
Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY, Indonesia Dadan Rosana,
Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNY, Indonesia Insih Wilujeng,
Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY, Indonesia
Masalah pokok yang dikemukakan pada penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode resitasi berbentuk open-ended questions, direct and indirectobservation terhadap peningkatan kualitas pembela-jaran pada mata pelajaran fisika dari aspek aktivitas siswa di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode resitasi yang berbentuk open-ended questions, direct and indirectobservation dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran fisika dari aspek aktivitas siswa di SMA. Kualitas pembelajaran, meliputi proses pembelajaran dan hasil belajar fisika siswa. Proses dalam pembe-lajaran meliputi keaktifan siswa, kegairahan belajar yang tinggi, semangat belajar yang besar, dan rasa percaya pada diri sendiri. Hasil belajar fisika siswa merupakan hasil tes fisika baik sebelum penggunaan metode resitasi ini maupun setelahnya. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment), yaitu dengan melakukan pengujian kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan membandingkan hasil dari kedua kelompok tersebut baik kualitas pembelajaran maupun hasi belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh metode resitasi baik yang berbentuk open-ended questions, direct observation maupun indirect observation terhadap kualitas pembelajaran dalam aspek aktivitas siswa dan hasil belajar fisika secara signifikan lebih tinggi daripada yang menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran.
Kata kunci: metode resitasi, open-ended questions, direct and indirect observation, kualitas pembelajaran fisika
Keywords
metode resitasi; open-ended questions; direct and indirect observation; kualitas pembelajaran fisika