Berbagai Bentuk Metode Resitasi pada Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika di SMA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12472Keywords:
metode resitasi, open-ended questions, direct and indirect observation, kualitas pembelajaran fisikaAbstract
Masalah pokok yang dikemukakan pada penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode resitasi berbentuk open-ended questions, direct and indirect observation terhadap peningkatan kualitas pembela-jaran pada mata pelajaran fisika dari aspek aktivitas siswa di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode resitasi yang berbentuk open-ended questions, direct and indirect observation dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran fisika dari aspek aktivitas siswa di SMA. Kualitas pembelajaran, meliputi proses pembelajaran dan hasil belajar fisika siswa. Proses dalam pembe-lajaran meliputi keaktifan siswa, kegairahan belajar yang tinggi, semangat belajar yang besar, dan rasa percaya pada diri sendiri. Hasil belajar fisika siswa merupakan hasil tes fisika baik sebelum penggunaan metode resitasi ini maupun setelahnya. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment), yaitu dengan melakukan pengujian kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan membandingkan hasil dari kedua kelompok tersebut baik kualitas pembelajaran maupun hasi belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh metode resitasi baik yang berbentuk open-ended questions, direct observation maupun indirect observation terhadap kualitas pembelajaran dalam aspek aktivitas siswa dan hasil belajar fisika secara signifikan lebih tinggi daripada yang menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran.
Kata kunci: metode resitasi, open-ended questions, direct and indirect observation, kualitas pembelajaran fisika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.