Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Koran

Agung W. Subiantoro, Jurdik Biologi FMIPA UNY, Indonesia
Bahrudin Fatkurohman, Jurdik Biologi FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi keterampilan berpikir kritis yang ditampilkan siswa dalam pembelajaran biologi materi ekosistem menggunakan media koran untuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik, Sleman, tahun ajaran 2007/2008. Data keterampilan berpikir kritis siswa dikumpulkan melalui pengamatan dan analisis argumen dan kata kunci konteks yang diekspresikan siswa berdasarkan wacana dari media koran yang digunakan. Data dianalisis secara deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan, keterampilan berpikir kritis siswa muncul pada indikator mengidentifikasi dan mendeskripsikan persoalan, menganalisis data yang relevan dengan persoalan, dan membuat gagasan/kesimpulan, masing-masing dominan pada tingkat weak dan unacceptable.

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, media koran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.12438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo