Pembekalan Kemampuan Generik Bagi Calon Guru Melalui Perkuliahan Kimia Anorganik Berbasis Multimedia
Retno Dwi Suyanti,
Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan, Indonesia Mulyati Arifin,
Pendidikan FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia - Liliasari,
Pendidikan FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia Muhamad A. Martoprawiro,
Kimia FMIPA Institut Teknologi Bandung, Indonesia
Studi pembekalan kemampuan generik bagi calon guru melalui perkuliahan Kimia Anorganik berbasis multimedia bertujuan mengembangkan sebuah model perkuliahan Kimia Anorganik untuk membekali calon guru guna menumbuhkan kemampuan generik kimia. Permasalah utama penelitian ini adalah bagaimana membekali mahasiswa calon guru dengan kemampuan generik Kimia Anorganik. Model perkuliahan tersebut diimplementasikan pada mata kuliah Kimia Anorganik II di suatu universitas negeri di Bandung dengan metode Research and Development (R&D). Dari data yang dianalisis dengan SPSS for window 11.5, ternyata model perkuliahan berbasis multimedia lebih baik dari model perkuliahan reguler dalam mengembangkan kemampuan generik perkuliahan khususnya aspek pemodelan, abstraksi, dan konsistensi logis. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran mampu meningkatkan penguasaan konsep kimia koordinasi mahasiswa khususnya konsep ligan, stereokimia dan sifat logam transisi. Uji statistik GLM (General Linear Multivariate) menunjukkan bahwa capaian ternormalisasi kemampuan generik perkuliahan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada berbagai kategori IP Kumulatif. Model pembelajaran berbasis multimedia komputer ini mendapat respon positif mahasiswa karena dapat memanipulasi lingkungan pembelajaran mahasiswa, sehingga menyenangkan dan membangkitkan motivasi belajarnya. Sumber belajar berbasis Moodle (Modular Oriented Object Dynamic Learning Environtment) ini merupakan program aplikasi efektif yang mampu membantu mahasiswa menjelaskan materi yang dipelajari di kelas, melakukan iterasi dan membangun kemandirian belajar melalui aspek visualisasi dinamis. Dengan dikembangkannya pembelajaran Kimia Anorganik pada situs pendidikan kimia berbasis web melalui http://kimia.upi.edu/moodle/ mahasiswa lebih dapat mengembangkan materi yang sudah diterima di perkuliahan kelas secara on-line dengan lebih nyaman dan kreatif.
Kata kunci: pembekalan, kemampuan generik kimia, perkuliahan kimia anorganik, multimedia