Profil motivasi kerja dan kinerja guru fisika SMA negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12421Keywords:
motivasi kerja, kinerja guru, dan pascasertifikasi guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil motivasi kerja dan kinerja guru fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru serta hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru. Populasi dan sampel dalam penelitian survey ini adalah seluruh guru fisika SMA Negeri di Kabupaten Purworejo yang telah lulus sertifikasi guru. Instrumen pengumpulan data berupa angket motivasi kerja dan lembar observasi kinerja guru fisika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) profil motivasi kerja guru fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru berada pada interval dengan kategori sangat baik; (2) profil kinerja guru fisika ada ditnjau dari aspek perencanaan pembelajaran berada pada interval dengan katergori sangat baik, dan aspek pelaksanaan serta penilaian pembelajaran berada pada interval dengan kategori sangat baik; (3) Terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja guru fisika dengan kinerja guru fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru.
Kata Kunci: motivasi kerja, kinerja guru, dan pascasertifikasi guru.
The Profile of Working Motivation and Senior High School Teachers' Performance in Purworejo District After Teachers' Certification
Abstract
This research aimed to find out the profile of working motivation and performance of senior high school physics teachers after the teacher's certification in Purworejo district, and the correlation between working motivation and performance of the physic teacher in Purworejo district after the teacher's certification. The population and samples of this survey research were all physics teachers in senior high schools in Purworejo district that have passed teacher certification. The data collection instruments were a working motivation questionnaire and the observation sheet of teacher performance. The result of this research indicated that, (1) The profile of senior high school physics teachers working motivation after the teacher's certification in Purworejo district was in interval > 4.2 and a very good category. (2) The profile of teacher's performances on teaching plan aspect was in interval > 4.2, and a very good category. The teaching performance and evaluation aspect also in interval > 4.2, and a very good category. (3) There was positive correlation between working motivation of the physics teachers with their performance in Purworejo district after the teacher's certification.
Keywords: working motivation, teacher's performance, and efter the teacher's certification
References
Rahardja, A. T. (2004). Hubungan antara komunikasi antar pribadi guru dan motivasi kerja dengan kinerja guru SMK BPK Penabur Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur, 3, 20-30.
Depdiknas. (2008). Penilaian kinerja guru. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karweti, E. (2010). Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan faktor yang mempengaruhi motivasi kerja terhadap kinerja guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11, 29.
Hanfstingl, B., Andreitz, I., Muller, F.H., & Thomas, A. (2010). Are self-regulation and self-control mediators between psychological basic needs and intrinsic teacher motivation?. Journal for Educational Research. 2, 55–71.
Aritonang, K. T. (2005). Kompensasi kerja, disiplin kerja guru, dan kinerja guru SMP Kristen BPK Penabur Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur, 4, 27-28.
Melvin, L. (2011). How to keep good teachers and principals. Practical solutions totoday's classroom problems. New York: Rowman & Littlefield Publishers, Inc.
Musaheri. (2007). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ircisod.
Purwanto, N. (1990). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Resmiyanto, R., Sholihah, W. M., & Nuriyati. (2009). Model instrumen pengukuran kinerja untuk guru-guru pascasertifikasi dengan scientific and financial performance measure (SFPM). Diunduh dari https://goo.gl/XnJ7EK. pada tanggal 20 Desember 2012.
Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Siregar, E. (2011). Pengaruh motivasi kerja, kinerja individual dan sistem kompensasi finansial terhadap kepuasan kerja. Jurnal Pendidikan Penabur, 10, 81-86.
Siahaan, S., & Rr. Martiningsih. (2008). Seputar sertifikasi guru. Jurnal Teknodik, 12, 45.
Suparwoto, Prasetya, Z. K., Mundilarto, Sukardjo, & Projosantoso, A. K. (2011). Evaluasi kinerja guru IPA SD, SMP, dan SMA pasca sertifikasi. Jurnal Kependidikan, 41, 87-110.
Sukardi, T. (2008). Peningkatan profesionalisme guru mencermati kualitas sumber daya guru sekolah dasar diEks Karesidenan Bayumas. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 47.
Yusrizal, Soewarno S, & Fitri, Z. (2011). Evaluasi kinerja guru fisika, biologi dan kimia SMA yang sudah lulus sertifikasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 15, 2, 72-77.
Zetriuslita, Z., & Wahyuni, R. (2013). Hubungan Motivasi Kerja dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 1-7. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpms.vlil.12471
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.