Pengaruh Praktikum Kimia Analitik Instrumen Berbasis Masalah Terhadap Metakognisi dan Pemahaman Konsep Calon Guru Kimia

Authors

  • Sri Haryani FMIPA UNNES
  • Liliasari Liliasari SPs UPI
  • Anna Permanasari SPs UPI
  • Buchari Buchari ITB

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metakognisi dan pemahaman konsep calon guru melalui praktikum kimia analitik instrumen berbasis masalah dengan materi spektrometri UV-Vis. Metode eksperimen kuasi digunakan dalam penelitian ini dengan subjek penelitian 40 mahasiswa sebagai kelas kontrol dan 36 mahasiswa sebagai kelas eksperimen. Metakognisi diukur dengan tes bentuk uraian dan kuesioner, demikian pula pemahaman konsep juga diukur dengan tes bentuk uraian dan dianalisis secara gain ternormalisasi. Temuan hasil penelitian tersebut menunjukkan implementasi pembelajaran berbasis masalah pada praktikum kimia analitik instrumen mampu meningkatkan pemahaman konsep dan metakognisi mahasiswa calon dengan kategori sedang. Praktikum kimia analitik instrumen berbasis masalah ini juga dapat diterapkan untuk calon guru baik untuk peringkat atas dan bawah. Mahasiswa memberikan respon baik terhadap penerapan praktikum kimia analitik instrumen berbasis masalah.

Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, metakognisi, pemahaman konsep, dan praktikum kimia analitik instrumen

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Haryani, S., Liliasari, L., Permanasari, A., & Buchari, B. (2016). Pengaruh Praktikum Kimia Analitik Instrumen Berbasis Masalah Terhadap Metakognisi dan Pemahaman Konsep Calon Guru Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 15(1), 35–42. https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12197