Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Sains dan Teknologi Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP

Authors

  • Hernani Hernani FPMIPA UPI Bandung
  • Ahmad Mudzakir FPMIPA UPI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program pembelajaran sains SMP berbasis literasi sains dan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode praeksperimen dengan one group pretest-postest design. Subjek peneliannya adalah siswa SMP kelas VII di kota dan Kabupaten Bandung serta Kabupaten Cirebon. Instrumen penelitian berupa soal tes tertulis pilihan ganda dengan lima opsi, lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan persentase N-gain capaian KPS siswa untuk materi "klasifikasi zat", "partikel materi", serta "perubahan dan sifat fisika-kimia zat" berturut-turut adalah 48,0%; 48,6%; 42,0%. Berdasarkan kelompok tinggi sedang dan rendah untuk materi "klasifikasi zat" berturut-turut adalah 51,0%; 49,0%; dan 46,0%, untuk materi "partikel materi" berturut-turut adalah 42,5%; 35,5%; dan 50,3%, untuk materi "perubahan dan sifat fisika-kimia" berturut-turut adalah 45,0%; 40,0%; dan 43,0%. Capaian KPS siswa termasuk kategori sedang.

Kata kunci: pembelajaran berbasis literasi sains dan teknologi, keterampilan proses sains

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Hernani, H., & Mudzakir, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Sains dan Teknologi Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 15(1), 29–34. https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12195