Pengaruh Pembelajaran Pemecahan Masalah Secara Kelompok Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Agus Jauhari, Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI Bandung, Indonesia
Andi Suhandi, Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI Bandung, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran pemecahan masalah kelompok kooperatif terhadap kemampuan siswa-siswa SMA dalam memecahkan persoalan Fisika. Subjek penelitian adalah siswa dari dua kelas pada salah satu SMA Negeri di kota Bandung yang dipilih secara acak, satu kelas sebagai kelompok eksperimen, dan kelas lainnya sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized control group postest only design. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran pemecahan masalah secara kelompok kooperatif sedangkan kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran pemecahan masalah secara individu. Materi yang digunakan adalah Kelistrikan dan Kemagnetan. Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah pada kedua kelas. Instrumen tes berupa "context rich problem" beserta rubrik penskorannya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan kemampuan memecahkan masalah Fisika. Skor hasil tes pemecahan masalah yang diperoleh dari pekerjaan secara kelompok kooperatif lebih tinggi dibanding yang diperoleh dari pekerjaan individu siswa terpandai dalam kelompoknya.

Kata kunci: pemecahan masalah kooperatif, pemecahan masalah individual


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo