Pengaruh Pembelajaran Pemecahan Masalah Secara Kelompok Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12192Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran pemecahan masalah kelompok kooperatif terhadap kemampuan siswa-siswa SMA dalam memecahkan persoalan Fisika. Subjek penelitian adalah siswa dari dua kelas pada salah satu SMA Negeri di kota Bandung yang dipilih secara acak, satu kelas sebagai kelompok eksperimen, dan kelas lainnya sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized control group postest only design. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran pemecahan masalah secara kelompok kooperatif sedangkan kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran pemecahan masalah secara individu. Materi yang digunakan adalah Kelistrikan dan Kemagnetan. Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah pada kedua kelas. Instrumen tes berupa "context rich problem" beserta rubrik penskorannya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan kemampuan memecahkan masalah Fisika. Skor hasil tes pemecahan masalah yang diperoleh dari pekerjaan secara kelompok kooperatif lebih tinggi dibanding yang diperoleh dari pekerjaan individu siswa terpandai dalam kelompoknya.
Kata kunci: pemecahan masalah kooperatif, pemecahan masalah individual
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.