Pengembangan Kurikulum Matematika dan Model Pembelajaran Kreatif Berbasis Nilai Bagi Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Yulis Jamiah Prodi Pendidikan Matematika Jurusan PFMIPA FKIP Untan Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12191

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kurikulum dan model pembelajaran matematika yang kreatif bagi anak-anak usia dini. Target penelitian ini adalah sebuah model model pendidikan yang dapat mengembangkan berpikir kritis anak-anak usia dini secara optimal melalui pembelajaran matematika kreatif. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah pendidikan anak usia dini PAUD Gemilang di Pontianak. Hasil penelitian adalah sebuah produk kreatif berdasarkan gagasan model kurikulum dan pembelajaran matematika yang mengembangkan kemampuan kognitif secara optimal dalam bentuk kemampuan berpikir logis, simbolis, dan kreatif pada anak-anak usia dini. Hasil penelitian juga dapat digunakan untuk merancang pengembangan konsep pembelajaran kreatif dalam bentuk matriks yang menyatakan keterkaitan antara materi ajar matematika dengan pembelajaran.

Kata kunci: kurikulum yang kreatif, pembelajaran, anak usia dini

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Jamiah, Y. (2016). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Model Pembelajaran Kreatif Berbasis Nilai Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 15(1), 7–12. https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12191