Pengembangan Kurikulum Matematika dan Model Pembelajaran Kreatif Berbasis Nilai Bagi Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12191Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kurikulum dan model pembelajaran matematika yang kreatif bagi anak-anak usia dini. Target penelitian ini adalah sebuah model model pendidikan yang dapat mengembangkan berpikir kritis anak-anak usia dini secara optimal melalui pembelajaran matematika kreatif. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah pendidikan anak usia dini PAUD Gemilang di Pontianak. Hasil penelitian adalah sebuah produk kreatif berdasarkan gagasan model kurikulum dan pembelajaran matematika yang mengembangkan kemampuan kognitif secara optimal dalam bentuk kemampuan berpikir logis, simbolis, dan kreatif pada anak-anak usia dini. Hasil penelitian juga dapat digunakan untuk merancang pengembangan konsep pembelajaran kreatif dalam bentuk matriks yang menyatakan keterkaitan antara materi ajar matematika dengan pembelajaran.
Kata kunci: kurikulum yang kreatif, pembelajaran, anak usia dini
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.