Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Transactional Reading Strategy

Sugiatno Sugiatno, Jurusan P. Matematika FKIP Untan Pontianak, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis (KKM) mahasiswa melalui perkuliahan matematika menggunakan model pembelajaran Transactional Reading Strategy (TRS). Rancangan quasi-experimental digunakan dalam penelitian ini dan secara random assigment melibatkan kelas eksperiment dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa effect size model pembelajaran TRS dengan pengaturan kooperatif terhadap KKM mahasiswa tergolong tinggi dibandingkan dengan pengaturan klasikal.

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, transactional reading strategy, effect size


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo