Program Pembelajaran Biologi dengan "MIVI" untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tuna-Rungu

Authors

  • Mia Nurkanti Sekolah Pascasarjana UPI Bandung
  • Nuryani Rustaman Sekolah Pascasarjana UPI Bandung
  • Zaenal Alimin Sekolah Pascasarjana UPI Bandung
  • Suroso AY Sekolah Pascasarjana UPI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12189

Abstract

Penelitian ini tentang pengembangan program pembelajaran biologi dengan "MIVI" (Monopolies Multi Interactive Visual" untuk siswa tuna rungu dengan tujuan meningkatkan hasil belajar mereka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan. Data kuantitatif digunakan untuk melihat perubahan penguasaan konsep biologi yang dilihat dari perbedaan nilai pretes dan postes pada tiga siswa tuna rungu. Data diperoleh dengan metode SSR (Single Subject Research) dan dianalisis menggunakan analisis data visual berdasarkan kondisi awal (A) dan intervensi (B) dan melihat hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Data kualitatif diperoleh dengan kuisioner, observasi, dan jurnal peneliti. Kuesioner digunakan untuk mempelajari lebih dalam dan didukung dengan wawancara dengan kepala sekolah untuk mengetahui ketahanan dan pendapat untuk keputusan hasil belajar subjek penelitian.

Kata kunci: program pembelajaran biologi, tuna rungu

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Nurkanti, M., Rustaman, N., Alimin, Z., & AY, S. (2016). Program Pembelajaran Biologi dengan "MIVI" untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tuna-Rungu. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 15(2), 105–110. https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12189