Pengembangan Pembelajaran Sistem Saraf dan Sikap Siswa Terhadap Narkoba
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12188Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan pembelajaran sistem saraf dalam rangka meningkatkan sikap positif siswa terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development) dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMA I Kragan. Variabel yang akan diungkap dalam penelitian adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, sikap positif siswa terhadap upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, respon siswa dan kesan guru. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori sangat baik, aktifitas siswa dalam pembelajaran dalam kategori sangat baik, terdapat peningkatan sikap positif siswa terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba. Siswa merasa senang terhadap model pembelajaran sistem saraf yang telah dikembangkan serta guru memberikan respon positif terhadap model tersebut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sistem saraf yang dikembangkan dapat meningkatkan sikap positif siswa terhadap upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba pada siswa SMA.
Kata kunci: sikap positif, narkoba, sistem saraf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.