Pengembangan Pembelajaran Sistem Saraf dan Sikap Siswa Terhadap Narkoba

Authors

  • Lisdiana Lisdiana Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan pembelajaran sistem saraf dalam rangka meningkatkan sikap positif siswa terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development) dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMA I Kragan. Variabel yang akan diungkap dalam penelitian adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, sikap positif siswa terhadap upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, respon siswa dan kesan guru. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori sangat baik, aktifitas siswa dalam pembelajaran dalam kategori sangat baik, terdapat peningkatan sikap positif siswa terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba. Siswa merasa senang terhadap model pembelajaran sistem saraf yang telah dikembangkan serta guru memberikan respon positif terhadap model tersebut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sistem saraf yang dikembangkan dapat meningkatkan sikap positif siswa terhadap upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba pada siswa SMA.

Kata kunci: sikap positif, narkoba, sistem saraf

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Lisdiana, L. (2016). Pengembangan Pembelajaran Sistem Saraf dan Sikap Siswa Terhadap Narkoba. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 15(2), 99–104. https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12188