Penguasaan Materi Ajar Guru Kimia di Sulawesi Tengah Pasca Pendampingan oleh LPMP

Erisda Eka Putra, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Tengah, Indonesia
Liliasari Liliasari, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Wahyu Sopandi, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk melihat efektivitas program pendampingan yang dilakukan oleh LPMP dalam rangka meningkatkan kompetensi penguasaan materi ajar guru kimia SMA di Sulawesi Tengah. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di Kota Palu dan melibatkan 16 orang guru kimia SMA Negeri yang mengajar kelas X. Materi ajar dibatasi pada Struktur Atom, Sistem Periodik dan Ikatan Kimia. Sebelum pendampingan guru diobservasi di kelas dan diberikan tes awal. Setelah kegiatan pendampingan selesai kepada guru diberikan tes akhir. Nilai gain ternormalisasi rata-rata dari hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kualitas penguasaan materi guru sebesar 0,55 (SD=0,29). Penyerapan tertinggi terjadi pada materi ajar Struktur Atom sebesar 0,65 (SD=0,25) dan penyerapan terendah 0,52 (SD=0,29) pada materi Sistem Periodik.

Kata kunci: penguasaan materi ajar, guru kimia, pendampingan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo