Penguasaan Materi Ajar Guru Kimia di Sulawesi Tengah Pasca Pendampingan oleh LPMP

Authors

  • Erisda Eka Putra Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Tengah
  • Liliasari Liliasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wahyu Sopandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12187

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk melihat efektivitas program pendampingan yang dilakukan oleh LPMP dalam rangka meningkatkan kompetensi penguasaan materi ajar guru kimia SMA di Sulawesi Tengah. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di Kota Palu dan melibatkan 16 orang guru kimia SMA Negeri yang mengajar kelas X. Materi ajar dibatasi pada Struktur Atom, Sistem Periodik dan Ikatan Kimia. Sebelum pendampingan guru diobservasi di kelas dan diberikan tes awal. Setelah kegiatan pendampingan selesai kepada guru diberikan tes akhir. Nilai gain ternormalisasi rata-rata dari hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kualitas penguasaan materi guru sebesar 0,55 (SD=0,29). Penyerapan tertinggi terjadi pada materi ajar Struktur Atom sebesar 0,65 (SD=0,25) dan penyerapan terendah 0,52 (SD=0,29) pada materi Sistem Periodik.

Kata kunci: penguasaan materi ajar, guru kimia, pendampingan

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Putra, E. E., Liliasari, L., & Sopandi, W. (2016). Penguasaan Materi Ajar Guru Kimia di Sulawesi Tengah Pasca Pendampingan oleh LPMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 15(2), 93–98. https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12187