Implementasi Project-Based Learning dalam Peer Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru IPA

Pujianto Pujianto, Jurdik Fisika FMIPA UNY, Indonesia
Dyah Purwaningsih, Jurdik Kimia FMIPA UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) pemahaman mahasiswa calon guru IPA mengenai model-model pembelajaran, dan 2) keterampilan mengajar mahasiswa calon guru IPA. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA yang mengambil mata kuliah Teknologi Pembelajaran IPA sebanyak 31 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang mengadopsi model Kemmis dan Taggart. Data dianalisis secara deskriptif. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Project-Based Learning dalam peer teaching pada perkuliahan. Teknologi Pembelajaran IPA dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang model pembelajaran dan keterampilan mengajar sebagai calon guru IPA. Gain score yang diperolehj pada pembelajaran dengan metode diskusi, model pembelajaran DI, model pembelajaran Inkuiri, model pembelajaran Kooperatif dan project-based learning berturut-turut adalah 0,19; 38; 0,38; 0,5 dan 0,44.

Kata kunci: project-based learning, peer teaching


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo