Implementasi Project-Based Learning dalam Peer Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru IPA

Authors

  • Pujianto Pujianto Jurdik Fisika FMIPA UNY
  • Dyah Purwaningsih Jurdik Kimia FMIPA UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) pemahaman mahasiswa calon guru IPA mengenai model-model pembelajaran, dan 2) keterampilan mengajar mahasiswa calon guru IPA. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA yang mengambil mata kuliah Teknologi Pembelajaran IPA sebanyak 31 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang mengadopsi model Kemmis dan Taggart. Data dianalisis secara deskriptif. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Project-Based Learning dalam peer teaching pada perkuliahan. Teknologi Pembelajaran IPA dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang model pembelajaran dan keterampilan mengajar sebagai calon guru IPA. Gain score yang diperolehj pada pembelajaran dengan metode diskusi, model pembelajaran DI, model pembelajaran Inkuiri, model pembelajaran Kooperatif dan project-based learning berturut-turut adalah 0,19; 38; 0,38; 0,5 dan 0,44.

Kata kunci: project-based learning, peer teaching

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Pujianto, P., & Purwaningsih, D. (2016). Implementasi Project-Based Learning dalam Peer Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru IPA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 15(2), 77–82. https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12184