Pengembangan LKS IPA Berbasis Scientific Approach untuk Mengoptimalkan Learning Outcome Siswa MTs Kelas VII

Astuti Widiyarini, MTs Sunan Pandanaran, Indonesia
Insih Wilujeng, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan LKS berbasis Scientific Approach yang layak dalam meningkatkan Learning Outcome siswa MTs kelas VII, (2) mengetahui hasil peningkatan sikap ilmiah, keterampilan proses, dan pengetahuan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan LKS berbasis Scientific Approach. Penelitian ini merupakan research & development dengan model Borg & Gall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, gain score dan uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi LKS berbasis Scientific Approach layak digunakan dengan kategori “Sangat Baik”, (2) LKS berbasis Scientific Approach dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa (gain score sebesar 0,64), keterampilan proses siswa (gain score sebesar 0,67), dan pengetahuan siswa (gain score sebesar 0,55).

Kata kunci: LKS scientific approach, keterampilan proses, sikap ilmiah, pengetahuan


Keywords


LKS scientific approach; keterampilan proses; sikap ilmiah; pengetahuan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo