Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Authors

  • Ni Wayan Rai Pariadi Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • R. Dwi Jati Sajarun SMA Negeri 2 Wates Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10947

Keywords:

number heads together, motivasi belajar, respon siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan respon siswa terhadap penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran biologi khususnya pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Pada penelitian ini diperoleh adanya peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 59,81% yang berkategori sedang menjadi 82,08% yang berkategori tinggi pada siklus II. Serta sebaran skor observasi motivasi belajar siswa pada siklus I, siswa yang memiliki motivasi belajar kategori tinggi sejumlah 23,33% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Respon siswa terhadap penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berada pada kategori positif dengan nilai rata-rata 60,2. Hasil analisis data tersebut menunjukkan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA N 2 Wates semester 1 tahun ajaran 2013/2014.

Kata kunci: number heads together, motivasi belajar, respon siswa

Downloads

Published

2015-12-27

How to Cite

Pariadi, N. W. R., & Sajarun, R. D. J. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 156–162. https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10947