Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10947Keywords:
number heads together, motivasi belajar, respon siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan respon siswa terhadap penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran biologi khususnya pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Pada penelitian ini diperoleh adanya peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 59,81% yang berkategori sedang menjadi 82,08% yang berkategori tinggi pada siklus II. Serta sebaran skor observasi motivasi belajar siswa pada siklus I, siswa yang memiliki motivasi belajar kategori tinggi sejumlah 23,33% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Respon siswa terhadap penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berada pada kategori positif dengan nilai rata-rata 60,2. Hasil analisis data tersebut menunjukkan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA N 2 Wates semester 1 tahun ajaran 2013/2014.
Kata kunci: number heads together, motivasi belajar, respon siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.