Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran STS dan CTL terhadap Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA

Authors

  • Siti Muhajir MTs YASTI 3 Cisaat Sukabumi Jawa Barat
  • Eli Rohaeti Program S2 Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10946

Keywords:

model pembelajaran STS, model pembelajaran CTL, literasi sains, prestasi belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penerapan model pembelajaran Science Technology Society (STS) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan literasi sains dan prestasi belajar IPA siswa bila literasi membaca dan pengetahuan awal siswa dikendalikan; dan (2) model pembelajaran mana yang lebih baik dalam meningkatkan literasi sains dan prestasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, menggunakan pre-posttest comparison group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri Cikembar pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 320 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji multivariat MANCOVA dengan taraf signifikansi 5% dan nilai rerata N-Gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan dari pengaruh model pembelajaran STS dan CTL terhadap literasi sains dan prestasi belajar IPA siswa bila literasi membaca dan pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik; dan (2) berdasarkan rerata N-Gain, model STS lebih baik dalam meningkatkan literasi sains dan prestasi belajar IPA pada materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global di MTs Negeri Cikembar.

Kata kunci: model pembelajaran STS, model pembelajaran CTL, literasi sains, prestasi belajar IPA

Downloads

Published

2015-12-27

How to Cite

Muhajir, S., & Rohaeti, E. (2015). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran STS dan CTL terhadap Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 143–155. https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10946