Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran STS dan CTL terhadap Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10946Keywords:
model pembelajaran STS, model pembelajaran CTL, literasi sains, prestasi belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penerapan model pembelajaran Science Technology Society (STS) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan literasi sains dan prestasi belajar IPA siswa bila literasi membaca dan pengetahuan awal siswa dikendalikan; dan (2) model pembelajaran mana yang lebih baik dalam meningkatkan literasi sains dan prestasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, menggunakan pre-posttest comparison group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri Cikembar pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 320 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji multivariat MANCOVA dengan taraf signifikansi 5% dan nilai rerata N-Gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan dari pengaruh model pembelajaran STS dan CTL terhadap literasi sains dan prestasi belajar IPA siswa bila literasi membaca dan pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik; dan (2) berdasarkan rerata N-Gain, model STS lebih baik dalam meningkatkan literasi sains dan prestasi belajar IPA pada materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global di MTs Negeri Cikembar.
Kata kunci: model pembelajaran STS, model pembelajaran CTL, literasi sains, prestasi belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.