Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Siswa SMA pada Konsep Hidrolisis Garam

Dina Dina, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Agus Setiabudi, Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Nahadi Nahadi, Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah pada konsep hidrolisis garam pada keterampilan berargumentasi siswa kelas XI. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest dengan subjek 30 siswa di sebuah Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Subang pada tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kerja siswa; soal pretes dan postes untuk keterampilan berargumentasi; lembar observasi pembelajaran berbasis masalah untuk guru dan siswa; serta lembar kuisioner dan wawancara untuk mengetahui respon terhadap pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan. Hasil yang diperoleh menunjukkan penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa pada konsep hidrolisis garam, dengan perolehan nilai N-Gain <g> sebesar 0,51 yang termasuk dalam kategori sedang. Secara umum, pendapat siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah adalah setuju.

Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berargumentasi, konsep hidrolisis garam


Keywords


pembelajaran berbasis masalah; keterampilan berargumentasi; konsep hidrolisis garam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo