Model Mental Calon Guru Kimia Mengenai Sifat Koligatif Larutan Melalui Pembelajaran Berbasis TIK
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10944Keywords:
tekanan uap larutan, metode predict-observe-explain, POE, model mentalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai model mental mahasiswa calon guru pada materi sifat koligatif larutan melalui pembelajaran dengan menggunakan multimedia off-line berupa CD pembelajaran interaktif. Subjek penelitian adalah 31 mahasiswa pendidikan kimia yang mengikuti perkuliahan Kimia Sekolah I. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis menggunakan metode predict, observe, dan explain (POE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada keragaman model mental mahasiswa pada sifat koligatif larutan. Pada tahap predict, pada umumnya mahasiswa sudah bisa memprediksi urutan tekanan uap dari beberapa larutan, masing-masing dengan zat terlarut elektrolit dan nonelektrolit sulit menguap dan zat terlarut yang mudah menguap. Akan tetapi masih ditemukan beberapa kekeliruan, khususnya dalam memberikan alasan. Pada tahap observe, mahasiswa diberi data untuk mengkonfirmasi jawaban di tahap explain. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa mengubah urutan tekanan uap berdasarkan data, akan tetapi banyak yang tetap mempertahankan penjelasan yang mereka gunakan di tahap predict.
Kata kunci: tekanan uap larutan, metode predict-observe-explain, POE, model mental
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.