Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Outbond Guna Pencapaian Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan pada Peserta Didik SMA

Authors

  • Rahayu Dwisiwi SR Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Yusman Wiyatmo Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10938

Keywords:

perangkat pembelajaran, outbond, mata pelajaran fisika SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis kegiatan outbond untuk pencapaian kompetensi sesuai tuntutan Kurikulum 2013. Selain itu, untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran hasil pengembangan serta mengetahui peningkatan penguasaan materi gerak melingkar, capaian sikap kerjasama, motivasi berprestasi, dan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4D Models. Pada tahap Define, merencanakan perangkat pembelajaran gerak melingkar dengan kegiatan outbond. Pada tahap Design, merancang produk perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD. Pada tahap Develop, validasi draft produk oleh validator ahli − revisi, uji coba pembelajaran 1 − revisi, dan uji coba pembelajaran 2 − revisi. Pada tahap Desiminate, penyebarluasan perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA2 MAN Yogyakarta II. Instrumen penelitian berupa tes, angket, dan lembar observasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan materi gerak melingkar peserta didik dalam kategori sedang. Capaian dengan kriteria sangat baik, baik, dan cukup baik pada aspek kerjasama (56%, 33%, dan 11%), motivasi berprestasi (22%, 59%, dan 19%), dan kreativitas (33%, 52%, dan 15%) dari keseluruhan peserta didik.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, outbond, mata pelajaran fisika SMA

Downloads

Published

2015-12-27

How to Cite

Dwisiwi SR, R., & Wiyatmo, Y. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Outbond Guna Pencapaian Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan pada Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 111–122. https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10938