Pengaruh Pemanfaatan Cabri 3D dan GeoGebra pada Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Hasil Belajar dan Motivasi

Authors

  • Ari Akhirni SMP N 2 Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah
  • Ali Mahmudi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10922

Keywords:

cabri 3D, geogebra, hasil belajar, motivasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh pemanfaatan Program Cabri 3D ditinjau dari hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa; (2) pengaruh pemanfaatan Program GeoGebra ditinjau dari hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa; dan (3) pengaruh yang lebih baik antara pemanfaatan Program Cabri 3D dan pemanfaatan Program GeoGebra ditinjau dari hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan pretest-posttest nonequivalent group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Sleman pada 11 April - 2 Mei 2015. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket motivasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan Program Cabri 3D berpengaruh baik ditinjau dari hasil belajar dan motivasi belajar siswa; (2) pemanfaatan Program GeoGebra berpengaruh baik ditinjau dari hasil belajar dan motivasi belajar siswa; dan (3) tidak terdapat perbedaan pengaruh pemanfaatan Program Cabri 3D dan pemanfaatan Program GeoGebra ditinjau dari hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa.

Kata kunci: cabri 3D, geogebra, hasil belajar, motivasi belajar

Downloads

Published

2016-09-19

How to Cite

Akhirni, A., & Mahmudi, A. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Cabri 3D dan GeoGebra pada Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Hasil Belajar dan Motivasi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10922