Peran Guru PJOK dalam Upaya Meningkatkan Minat dan Pelaksanaan Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri
Hanggara Dwi Cahya Putra, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No. 1 Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam upaya meningkatkan minat dan pelaksanaan pembelajaran atletik nomor lompat jauh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah 14 guru penjasorkes yang mengampu siswa sekolah dasar kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta sudah berperan dengan baik dalam meningkatkan minat dan pelaksanaan pembelajaran atletik nomor lompat jauh siswa kelas V melalui pengupayaaan peningkatan minat belajar siswa, perlakuan kepada siswa yang tidak aktif/tidak tertarik ketika berlangsungnya pembelajaran, pengupayaan peningkatan kualitas pelaksanaan pembelajaran, penggunaan perangkat pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, dan penerapan metode pembelajaran dimana hal-hal tersebut didasari oleh pemahaman guru penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta tentang minat siswa kelas V terhadap pembelajaran atletik nomor lompat jauh dan pelaksanaan pembelajaran atletik nomor lompat jauh kelas V beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya maupun yang mendukungnya.
This research aims in figuring out the role of Physical Education teachers in the effort of improving the interest and implementation of long jump athletic learning for the fifth grade students of elementary schools located in Umbulharjo District, Yogyakarta City. This research was a research that used a qualitative approach. The research instrument was the researcher himself. The data collection techniques were done through interviews, observation and documentation. The research participants were 14 Physical Education teachers who taught the fifth grade students. The research results indicate that Physical Education teachers in elementary schools located in the Umbulharjo District, Yogyakarta City have played a good role in increasing the interest and implementation of long jump athletic learning for the fifth grade students through the efforts to increase student interest in learning, treatment of students who are not active/not interested. When the learning takes place, efforts to improve the quality of the implementation of learning, the use of learning tools, the use of learning media, and the application of learning methods are based on the comprehension of Physical Education teachers in the elementary schools located in Umbulharjo District, Yogyakarta City regarding the interest of the fifth grade students in long jump athletic learning and the implementation of it and the factors that influence and support them.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Hairil. (2018) Survei Minat Belajar Mata Pelajaran Olahraga Dengan Mata Pelajaran Matematika Terhadap Siswa SMP Negeri Satap Pelangka Kecamatan Sinjai Selatan. Tesis. Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Febrianti, R. (2013). Pengembangan Materi Atletik Melalui Permainan Altetik Three In One Untuk Siswa SD Kelas V. Journal Of Physical Education And Sports, 2(1), 193-199.
Fuad & Zuraini. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 46-45.
Gumantan, A., Mahfud, I., & Yulindra, R. (2021). Analysis of Implementation of Measuring Skills and Physical Futsal Sports Based Desktop Program. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 10 (1), 11-15.
Hidayat, Arif.dkk. (2020). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Atletik dengan Menggunakan Metode Sirkuit pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 92-100.
Kemdikbud. (2013). Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kecamatan Umbulharjo. Diakses pada tanggal 10 Juni 2020, dari https://referensi.data.kemdikbud.go.id/in dex11.php?kode=046004&level=3.
Kustiawan, dkk. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Dengan Menggunakan Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 28-32.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Mukhit, A. (2016). Journal of Physical Education, Health dan Sport. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(1), 44-49.
Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Narimawati, Umi. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Agung Media.
Nugroho, R.A., & Gumantan, A. (2020a). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Peningkatan kemampuan Vertical Jump Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket Sma 1 Pagelaran. Sport Science And Education Journal, 1(1).
Pambudi, I.M., dkk. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan, 4(1), 111-116.
Peranturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 160 Tahun 2014.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wiyasa. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 13 (2), 72-78.
Yulindra, R., & Fahrizqi, E.B. (2019). Pengembangan Model Latihan Jump Shoot Bola Basket. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(1), 51-55.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v18i1.49136
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.