Evaluasi implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 pada SMK se-Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur

Lukas Lui Uran, SMK St. Yosef, Nenuk, Atambua, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan ketercapaian pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013, di SMK se-Kabupaten Belu yang meliputi: (1) ketercapaian pelaksanaan pembelajaran yang dilihat dari konteks, input, proses, dan produk, (2) hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran, dan (3) kelebihan dan kekurangan pembelajaran dengan menggunakan kedua kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan model CIPP. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SMK yang diambil dengan menggunakan teknik probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil evaluasi implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 dilihat dari segi konteks, input proses dan produk termasuk dalam kategori sangat berhasil; (2) hambatan utama yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan KTSP adalah keterbatasan literatur sedangkan hambatan utama dalam Kurikulum 2013 adalah kesulitan dalam membuat format penilaian pembelajaran; (3) pada KTSP guru fleksibel dalam mengembangkan kurikulum, namun mengalami keterbatasan literatur. Kurikulum 2013 mampu meningkatkan kreativitas guru dan siswa, namun sulit dipahami.

Kata kunci: evaluasi, implementasi, CIPP

 

AN EVALUATION OF THE IMPLEMENTATION OF KTSP & CURRICULUM 2013 AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL IN BELU REGENCY, EAST NUSA TENGGARA

Abstract

The aim of this research was to reveal the achievement level of Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) and Curriculum 2013 implementation at Vocational High School (SMK) in Belu, including: (1) the achievement level of teaching processes based on context, input, process, and output; (2) teacher’s constraints in the implementation of teaching processes; and (3) the strengths and the weaknesses of teaching process of the two curriculums. This study was an evaluation research using quantitative descriptive approach and CIPP model. The subjects of this research were teachers and students of vocational high school in Belu, East Nusa Tenggara, chosen by using probability sampling technique. The results of this study show that: (1) the result of evaluation on KTSP and Curruculum 2013 implementation in terms of context, input, process and output is considered as highly successful; (2) the teachers’ main contraint in teaching by using KTSP is the lack of literature, whilein teaching by using Curriculum 2013, their main constraint is the lack of proper skills in creating the learning assessment form; (3) By using KTSP, teachers have flexibility in developing the curriculum but they have to face the lack of the literature. Whereas, the implementation of Curriculum 2013 can improve teachers’ and students’ creativity, but it is difficult to be understood.

Keywords: evaluation, implementation, CIPP

Keywords


evaluasi; implementasi; CIPP

Full Text:

Fulltext PDF

References


Depdiknas. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Jakarta.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (2013).

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum tingkat satuan pedidikan,konsep, karakteristik dan Implementasi. (Rosdakarya, Ed.). Bandung.

Muslich, M. (2007). KTSP: pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Stufflebeam, D. L., Madaus, G. F., & Kellaghan, T. (Eds.). (2002). Evaluation models. Viewpoints on educational and human services evaluation (Vol. 49). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0-306-47559-6

Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2014). Evaluation, theori, models and application. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Susilo, M. J. (2007). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.13309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Find Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan on:

   

ISSN 2338-6061 (online)    ||    ISSN 2685-7111 (print)

View Journal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Visitor Statistics