IMPLEMENTASI DAN PERMASALAHAN DALAM IMPLEMENTASI PERMENDIKNAS NOMOR 2 TAHUN 2008 TENTANG BUKU

Lina Miftahul Jannah, Universitas Indonesia, Indonesia
Muh Azis Muslim, Universitas Indonesia, Indonesia
Eko Sakapurnama, Universitas Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Permendiknas Nomor 2 Tahun 2002 tantang buku dan mendeskripsikan masalah-masalah yang ditimbulkannya. Pene-litian dilaksanakan dengan metode campuran kuantitatif dan kualitatif di Kota Depok, Kabupaten Cianjur, Kota Makassar, dan Kabupaten Maros dengan menggunakan angket, wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus untuk mengumpul-kan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Permendiknas yang bertujuan untuk menyediakan buku murah dan berkualitas bagi masyarakat belum sepenuhnya tercapai. Terdapat beragam masalah dalam pelaksanaannya antara lain minimnya sosialisasi, tidak memadainya infra-struktur teknologi informasi, ketidaksesuaian materi dengan kurikulum, rendahnya kualitas cetakan, dan Permendiknas dianggap sebagai kebijakan elitis yang mematikan iklim persaingan usaha.

Kata kunci: kebijakan, pelaksanaan, buku cetak, buku sekolah elektronik

 

 

 

______________________________________________________________

IMPLEMENTATION AND ISSUES IN IMPLEMENTATION PERMENDIKNAS NUMBER 2 OF 2008 ON THE BOOK

Abstract This research aims to figure out and elaborate the implementation of  Cultural and Educational Ministry’s regulation No 2, 2002 as well as the problems occurring during the implementation. The research was conducted by applying mixed method -qualitative and quantitative- held in Depok City, Cianjur Regency, Makassar City, and Maros Regency using questionnaires, interviews and focus group discussion to collect data. The result shows that the implementation of regulation, which originally aimed to provide affordable and quality book for the people, fails to achieve its purpose. There are various problems found in the implementation, e.g. lack of socialization, lack of information technology infrastructure, unfitness between the materials with the curriculum, lack of printing quality, and the prevailing opinion that the regulation is an elitist policy that kills business competition.

Keywords: implementation, policy, education, text book


Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Ann, Crabbé, & Leroy, Pieter. (2008). The Handbook of Environmental Policy Evaluation. London and Sterling, VA: Earthscan.

Chambliss, Marilyn J., & Calfee, Robert C. (1998). Texbook for Learning: Nurturing Children’s Minds. Wiley-Blackwell.

Lester, J. P., & Stewart, J. Jr. (2000). Public Policy: An Evolutionary Approach (2nd ed.). Belmont: Wadsworth.

Loveridge, AJ. (1972). Persiapan Naskah Buku Pelajaran Pembimbing bagi Pengarangn di Negara-Negara Berkembang. Terj. Hasan Amin. Balai Pustaka.

O'Toole, L. J. (2000). Research on Policy Implementation: Assessment and Prospects. Journal of Public Administration Research and Theory, 10(2).

Republik Indonesia. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran.

Republik Indonesia. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78.

Maros Kabupaten. (n.d.). Diakses dari http://www.maroskab.go.id




DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Find Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan on:

   

ISSN 2338-6061 (online)    ||    ISSN 2685-7111 (print)

View Journal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Visitor Statistics